Perbedaan POV ke-1 dan POV ke-3 - Sastra Indonesia Org








Perbedaan POV ke-1 dan POV ke-3





Terdapat perbedaan yang sangat bertentangan dalam pemakaian POV orang ke-1 atau sudut pandang orang pertama dengan POV orang ke-3 atau sudut pandang orang ketiga.
Perbedaan tersebut adalah:

1. - Penulis harus konsisten dalam pemakaian kata ketika menggunakan POV orang ke-1.
    - Penulis harus variatif dalam memilih kata ketika menggunakan POV orang ke-3.



2. - Ketika menggunakan POV orang ke-1 saya dalam narasi harus konsisten menggunakan saya, jika menggunakan aku juga harus tetap menggunakan aku sepanjang narasi, dan jika menggunakan gue juga harus tetap menggunakan gue sepanjang narasi.



     
       Akibat dari tuntutan tersebut penulis harus mengurangi penggunaan aku, saya dan gue dalam ceritanya. Untuk mengantisipasi agar pembaca tidak bosan, karena kalau kata-kata tersebut muncul terus maka tulisan menjadi monoton.

  - Ketika menggunakan POV orang ke-3 penulis justru dituntut sebanyak mungkin secara variatif bergonta ganti sebutan tetapi dengan tujuan tokoh yang sama.      
         
   Jika diawal narasi kita menyebut nama tokoh sebagai Rini misalnya. Lalu di narasi berikutnya kita bisa mengubahnya menjadi dia, perempuan itu, perempuan manis itu, perempuan muda itu, dst.




Baik, cukup sampai di sini ya materi hari ini. Semoga bermanfaat.


Untuk tahu lebih banyak penjelasannya silakan baca buku 101 Dosa Penulis Pemula karya Isa Alamsyah. Karena, aku juga menjelaskan berdasarkan apa yang sudah aku baca di buku tersebut dengan bahasaku sendiri.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan POV ke-1 dan POV ke-3 - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.