Perbedaan Quote dan Kata Mutiara

 Hai Sobat Literasi, seringkali untuk mulai menginjakkan kaki di dunia literasi kalian mengawalinya dengan kalimat tersirat yang singkat, padat, dan sarat akan makna. Ya, salah satunya dengan membuat quote untuk diposting di sosial media. Hal ini bagus untuk permulaan karena tidak perlu memahami banyak peraturan dan berpikir berat untuk merangkainya. Seiring waktu membuat quote di sosial media dan membaca karya lainnya membuat kita semakin bingung. Kalau ditilik lagi banyak jenis kalimat yang berkeliaran di sosial media seperti kata bijak, kata motivasi, kata mutiara, dan quote. Lantas, apa bedanya semua karya itu? Sebab, mereka sama-sama kalimat yang singkat, padat, dan bermakna tersirat.

Quote sendiri berarti kutipan yang merupakan suatu kalimat atau ucapan yang dianggap menarik, berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang. Umumnya quote digunakan sebagai bahan acuan atau sumber referensi untuk memperkuat, menambah, dan memperjelas tulisan. Kutipan ini bisa diambil dari berbagai sumber seperti media online, audio-visual, dan cetak. Berikut aturan umum tentang penulisan kutipan:

1. Menggunakan tanpa petik dua (") di awal dan akhir kalimat sesudah atau sebelum titik.

2. Kata-kata berisi ajakkan mengarah hidup lebih baik.

3. Tidak sampai satu halaman. Dalam arti kata-katanya cukup singkat dan minim. Bukan seperti cermin.

4. Nama dan titmangsa, untuk meminimalisir plagiasme.

Nah, pasti kalian bertanya-tanya kalau kutipan berarti bukan buatan kita sendiri, dengan kata lain hanya mengutip dari orang lain. Salah besar, ada dua macam kutipan, yaitu kutipan secara langsung di mana kita mengambil dari apa yang terjadi di sekitar seperti apa yang kita dengar, alami, dan lihat. Sedangkan kutipan secara tidak langsung bisa mengambil dari buku dan media yang lainnya. Hal lain yang masih sering salah adalah kata mutiara dan quote yang dianggap sama. Oleh karena itu, yuk simak apa perbedaan di antara keduanya:

Quotes adalah rangkaian kata yang menjurus pada ajakkan menuju ke arah positif. Bisa dibilang kata motivasi, dan kata-kata bijak. Sedangkan kata mutiara merupakan rangkaian kata yang berisi curahan hati si penulis yang dibalut dengan diksi indah. Kata-katanya lebih luwes, tidak terpaku seperti dalam quotes.

Contoh Quotes :

"Kita terlahir untuk menjadi nyata, bukan menjadi sempurna."_MY

"Jika kami tidak istimewa, berarti kamu edisi langka."_RM

Malang, 18 Oktober 2021 

  • Kata Mutiara

Syarat-syarat Kata Mutiara :

1. Tidak mewajibkan memakai tanda petik dua  ("). Boleh pakai, boleh tidak.

2. Susunan katanya tidak mengandung sebuah ajakkan, melainkan kata indah sesuai selera si pengarang.

3. Nama dan titimangsa, untuk menghindari plagiat.

Contoh Kata Mutiara :

"Berat rasanya merelakan, tapi satu hal yang harus kamu tahu, cinta tak harus memiliki."_JV

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Quote dan Kata Mutiara"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.