4 Jenis Teknik Membaca yang Efektif

 


Hai Sobat Literasi, jika membahas tentang literasi pastinya tidak jauh-jauh dari kegiatan membaca yang dilakukan oleh hampir semua orang. Seperti yang kita tahu membaca membantu membuka jendela dunia, dengan duduk saja sudah bisa berkeliling semesta. Membaca sendiri memiliki banyak manfaat seperti membantu seseorang untuk meningkatkan kosa kata, tetapi juga bisa meningkatkan pengetahuan dasar. Lain halnya, saat harus membaca dan melakukan penelitian tentang sesuatu dari berbagai sumber buku dan waktunya terbatas. Tentunya, membutuhkan cara membaca yang efektif agar kita bisa menyelesaikannya dengan baik.

Nah, membaca ini sendiri memiliki teknik yang beragam. Di dalam situasi seperti ini pastinya membutuhkan teknik membaca yang efektif untuk mempermudah proses membaca, tetapi tetapi harus mengenali kebutuhan yang ingin didapat selama membaca. Berikut teknik membaca yang efektif dan bisa digunakan sesuai kebutuhan:

Baca juga: Rekomendasi Baca Buku "One-Sit Reads"

1. Skimming

Skimming berasal dari bahasa Inggris yang artinya melihat sekilas. Ini adalah teknik membaca cepat dengen memperhatikan poin utama atau esensi bagian itu saja, sehingga tetap mendapatkan konsep umum tentang konten itu. Dalam teknik ini, teks yang berisi detail, cerita, contoh, atau data lain yang tidak perlu dilewati. Dengan kata lain, membaca dengan teknik skimming ini tidak membutuhkan pembacaan intim, tetapi harus fokus.

2. Scanning

Scanning sendiri berarti mencari sesuatu, oleh karena itu teknik ini mengacu pada metode membaca selektif yang umumnya digunakan saat sedang mencari beberapa informasi atau teks tertentu yang terkandung dalam bagian tersebut, tanpa perlu membaca keseluruhan teks. Bisa dikatakan scanning adalah proses membaca berorientasi pencarian yang digunakan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan khusus, dan saat jawabannya ditemukan, proses membaca dihentikan.

Baca juga: Cara Mudah Menyerap Materi

3. Selecting

Seperti artinya teknik ini biasa disebut dengan teknik baca-pilih, tentunya teknik ini sangat mengutamakan kebutuhan. Dengan kata lain, dalam teknik ini bertujuan memilih teks dan bagiannya yang dibaca berdasar pada kebutuhan. Biasanya ini dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca juduk berita di surat kabar untuk memilih mana yang bisa dibaca lebih lanjut. Selain itu, biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengembangkan tulisannya sampai menjadi menarik. Tentunya, dalam mengembangkan tulisan dibutuhkan setidaknya monitoring berita yang memuat informasi sama dengan yang ingin dikembangkan.

4. Skipping

Ya, pasti tidak asing dengan kata skip saat di sosial media yang artinya melewati yang tidak penting. Begitupun teknik membaca skipping berarti teknik membaca yang mengabaikan atau melewati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti. Jika tulisan tidak relevan dengan keinginan maka lewati saja, abaikan. Teknik ini bisa digunakan di semua jenis bacaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Jenis Teknik Membaca yang Efektif"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.