Jangan Gunakan Ide Klise atau Tidak Orisinal - Sastra Indonesia




Dalam sebuah tulisan jangan sampai kamu menggunakan ide klise atau tidak orisinal apalagi plagiat. Ide klise artinya sama dengan apa yang biasa dipikirkan orang, atau sama dengan yang biasa diketahui pembaca. Banyak hal yang membuat ide dianggap klise atau tidak orisinal.

Mau tahu apa saja itu? Nah, jadi yang pertama adalah karena sudah banyak kisah yang mengangkat ide serupa. Misal saja kisah pada novel Romeo and Juliet. Ide ceritanya cinta sampai mati. Ketika novel tersebut dibuat di masa lalu, maka ide tersebut dianggap orisinal. Akan tetapi karena kisah itu sudah mendunia dan telah diketahui banyak orang. Jika ada yang mengangkat dengan tema yang sama, maka sudah dianggap klise (menjiplak atau plagiat).

Bagaimana agar ide tidak klise atau terkesan menjiplak?


1. Pastikan ide belum banyak diangkat oleh penulis lain, tidak banyak atau sering diberitakan atau tidak banyak yang tahu.

2. Kalau pun sudah banyak penulis yang mengangkatnya, maka pastikan ada yang membedakan dari kisah yang sudah ada. Contohnya saja Cinderella berkisah tentang gadis kampung dan pangeran tampan. Meski pada kisah Pretty Woman mirip, namun latar si wanita berbeda karena berprofesi sebagai pelacur (bukan gadis kampung) dan sedangkan prianya adalah seorang pengusaha (bukan pangeran).

3. Buatlah catatan dan detail yang belum diungkap dalam kisah lain. Detail spesial akan membuat cerita atau kisah lebih kuat sekalipun ada kisah lain yang sejenis.

Bagaimana teman-teman? Sudah paham belum? Buat kalian yang belum paham bisa komentar di bawah ya :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Gunakan Ide Klise atau Tidak Orisinal - Sastra Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.