Materi - Membuat Puisi yang Indah - Sastra Indonesia





Salam sejahtera untuk kita semua :-). 

Saya akan berbagi tips membuat puisi nih.

Berikut beberapa tips yang bisa dicatat untuk membuat puisi yang indah.

1. Judul
Ini berperan penting, judul yang bagus akan membuat orang tertarik membacanya. Biasanya judul yang unik dan gak biasa membuat pembaca jadi penasaran.

2. Diksi
Nah, apa itu diksi? Diksi yaitu pemilihan kata. Ini penting agar makna puisi akan lebih dimengerti. Pemakaian diksi juga harus dipilih dari kata-kata sederhana yang gak jelimet agar mudah dimengerti pembacanya. Kalau bisa jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata bersayap, karena akan membuat pembaca sulit mengerti.

3. Rima
Memang pada puisi bebas, keberadaaan rima sering diabaikan. Karena kita terpaku dengan aturan baku seperti rumus a, b, a, b. Tapi untuk dibaca memang bagus yang punya rima. Pemilihan kata memang menjadi cukup sulit kalau terpaku rima. Tapi di sisi lain dengan menggunakan rima, akan merangsang kita kreatif mencari padanan kata.


4. Bait
Bait puisi pada puisi tertentu dibatasi, tapi pada puisi baru bait tak dibatasi. Begitu juga jumlah barisnya dalam setiap baitnya. Pada puisi bebas akan lebih memudahkan kita membuat dan mengeksplornya.

Jadi apa yang harus kita lakukan saat ingin menulis puisi? Mulai saja menulis, jangan takut salah. Mencari inspirasi dari lingkungan sekitar akan lebih mudah didapat. Kemudian bisa pilih tema yang spesifik dari apa yang kita lihat, rasakan, dan dengar dari sekeliling. 

Buat yang suka menulis puisi, bisa gabung di grup FB 'Sastra Indonesia Org'. Akan dipilih dua puisi yang dimuat di web. Nantinya juga ada 'Sastra Indonesia Award' tiap bulan lho. 

Selamat berlatih ya teman-teman. ☺️



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi - Membuat Puisi yang Indah - Sastra Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.