Cara Menikmati Kegiatan Menulis - Sastra indonesia org





Kegiatan menulis pada awalnya memang menyenangkan. Tapi ada saat dimana kegiatan menulis menjadi sangat menjenuhkan. Kadang tanpa sadar kita dibuat stress karena merasa kurang puas dengan hasil tulisan. Selalu merasa tulisan yang telah kita buat terlihat buruk dan kurang memuaskan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara untuk menikmati kegiatan menulis. Menikmati kegiatan menulis dan tetap menghasilkan karya yang memuaskan bagi kita. Seperti halnya saat kita sedang makan. Menikmati apa yang kita lakukan sangatlah penting. Sebab, dengan menikmati kegiatan yang kita lakukan akan memicu semangat dari diri kita untuk melanjutkan kegiatan itu sampai selesai.


Lalu bagaimana cara untuk menikmati kegiatan menulis? Berikut ini cara yang harus kita lakukan untuk menikmati kegiatan menulis.

1. Perbanyak membaca
Banyak membaca sangat penting bagi seorang penulis. Saat kita sedang kehabisan ide untuk menulis. Membaca adalah jalan keluarnya. Dengan membaca kita akan menambah wawasan dan ide- ide cerita baru akan langsung mengalir begitu saja. Oleh karena itu, saat sedang jenuh menulis maka membaca adalah jawabannya. Membaca juga bisa dimanfaatkan sebagai media penghibur ketika sedang jenuh menulis. Kita bisa berhenti sejenak lalu membaca bacaan ringan yang dapat menghibur. Jika sudah merasa cukup , kita dapat melanjutkan menulis dalam keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Menulis apa yang disukai
Untuk menikmati kegiatan menulis pada awalnya kita harus menulis apa yang kita sukai. Menulis akan terasa sangat menarik saat kita menulis hal-hal yang kita sukai. Ketika kita menyukai hal yang kita tulis, kita akan merasa betah untuk berlama-lama dalam menulis. Sehingga untuk penulis pemula mulailah dengan menulis hal-hal yang disukai. 

3. Biarkan mengalir
Terkadang alasan mengapa kita sangat sulit menulis adalah karena adanya aturan-aturan rumit yang mengatur. Dengan banyaknya aturan ini justru malah membuat kita menjadi sulit untuk meningkatkan kreativitas. Maka cara untuk menikmati kegiatan menulis adalah dengan cara tulis semua ide-ide yang ada di kepala kita. Biarkan semua ide-ide itu mengalir dan menjadi sebuah tulisan. Pada tahap akhir barulah kita bisa edit tulisan sesuai dengan aturan-aturan menulis tadi.
4. Jangan terlalu berambisi
Saat menulis jangan terlalu terambisi untuk membuat tulisan yang dapat menyenangkan semua orang. Karena dengan memikirkan hal ini justru akan membuat kita merasa terbebani. Tulislah hal-hal yang sesuai dengan keinginan kita dan santai saja. Jangan terlalu terbebani dengan pikiran untuk membuat orang lain senang dengan tulisan kita. Tulis saja apa yang kita inginkan dan lakukan yang terbaik untuk tulisan tersebut.

5. Pilih suasana yang sesuai dengan kebutuhan
Jika ingin menikmati kegiatan menulis, tentukan suasana yang kita butuhkan. Ada beberapa penulis yang membutuhkan suasana sepi dan damai agar dapat menghasilkan banyak ide untuk karyanya. Tetapi, banyak pula penulis yang dapat menulis dalam suasana ramai sekalipun. Oleh karena itu, tentukan suasana apa yang kita butuhkan untuk menulis agar menulis menjadi terasa menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menikmati Kegiatan Menulis - Sastra indonesia org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.