Penjelasan Mengenai Persentase Narasi atau Deskripsi dalam Karya Tulis - Sastra Indonesia Org





Selamat pagi semua, bagi yang menjalankan ibadah puasa semoga lancar dan yang tidak selamat beraktivitas seperti biasa J. Sebelum pelajaran hari ini dimulai, alangkah lebih baiknya jika diawali dengan berdoa. Silakan berdoa menurut keyakinan masing-masing, setelah itu langsung kita mulai pelajaran hari ini yaitu seputar persentase narasi atau deskripsi dalam karya tulis. J

Dalam sebuah karya tulis fiksi biasanya hanya terbagi dua hal besar, pertama narasi atau deskripsi dan yang kedua adalah dialog.

Kalau dilihat persentasenya, dalam karya tulis fiksi, narasi bisa mendominasi mulai 70% sampai 90% porsi. Sedangkan dialog hanya mendapatkan 10% sampai 30% porsi saja.

Baca juga: Cerita Tidak Ada Lanjarannya - Sastra Indonesia Org



Kalau dalam karya tulis non fiksi, justru narasi atau deskripsi bisa mengambil jatah 100%  dari semua ulasan, sebab tidak ada dialog. Kecuali kalau penulisan karya tulis non fiksinya memakai pendekatan fiksi. Jatah untuk dialognya 10%, tetapi narasi atau deskripsinya tetap mendominasi.

So, jelas sekali kan kalau kacau dalam narasi atau deskripsi, maka seorang penulis juga bisa melakukan kekacauan yang dominan pada semua tulisan.

Bagaimana semua? Sudah tahu kan? Jika ada yang ingin ditanyakan atau mau menyanggah silakan ya! J

All picture by: Google


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Persentase Narasi atau Deskripsi dalam Karya Tulis - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.