Cerita Tidak Ada Lanjarannya - Sastra Indonesia Org




Selamat pagi semua? Apa kabar? Semoga selalu dimudahkan segala aktivitas kalian ya J.

Kalian tahu enggak? Kalau salah satu penulis best seller yaitu Bunda Asma Nadia seringkali mengatakan, "lanjaran kamu kurang!" dalam workshop menulisan.

Nah, itu merupakan salah satu komentar yang sering dikatakan saat membaca karya peserta workshop.

Lalu, apa sih lanjaran itu?
Seberapa penting sih lanjaran dalam sebuah cerita itu?
Kalau secara sederhanya, lanjaran merupakan informasi atau detail awal yang sengaja diberikan (meski terkadang tersembunyi) untuk membuat sebuah cerita menjadi logis.

Misal saja, penulis mau membuat si tokoh membunuh seseorang, maka dari awal cerita harus ada lanjaran kalau si tokoh itu memiliki ciri-ciri karakter psikopat. Namun, tetap dengan cara tersembunyi lho ya J.

Jika mau membuat remaja SMA mem-bully salah seorang teman sekelasnya, maka sejak awal kisah harus buat lanjaran tentang si remaja itu yang memang kurang ajar, tidak peduli agama, dan hobi melanggar tata tertib.




Fungsi lanjaran adalah untuk memastikan karakter yang konsisten pada satu tokoh, tidak asal bikin ending seenak jidat saja. J

Penulis tidak boleh menceritakan anak baik, pendiam, santun, rajin sholat dan mengaji Alquran, rajin membantu, dan menjadi panutan teman-teman se-pesantrennya tiba-tiba putus cinta kemudian melakukan bunuh diri.

Padahal di cerita awalnya tidak ada informasi apa pun yang bisa membuat peristiwa bunuh diri itu masuk akal. Nah, itu berarti lanjaran yang diberikan tidak kuat.

Pada surprise ending lanjaran juga sangat penting. Akan tetapi, penulis harus memberi clue (petunjuk) tersirat/ tersembunyi atau lanjaran yang sengaja disamarkan.
Jadi, ketika terjadi sesuatu yang tak terduga maka pembaca, pendengar, ataupun penonton tidak marah. Sebab, sebenarnya sudah ada lanjarannya.

Bagaimana teman-teman? Sudah paham? Kalau mau bertanya dan menyanggah, monggo saya persilakan J.

Baik, cukup sampai di sini dulu materi hari ini. Semoga bermanfaat J.

All picture by: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Tidak Ada Lanjarannya - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.