Tips Menulis Puisi Agar Menjadi Indah




Puisi adalah sebuah karya sastra yang mempunyai keunikan berupa persamaan bunyi yang ada di akhir kalimat atau yang biasa disebut dengan rima. Tak hanya itu, di dalam karya sastra ini mempunyai bait, baris dengan gaya bahasa bebas namun cenderung mempunyai makna keindahan. Dahulu puisi sangat terikat dengan sebuah aturan tertentu, puisi ini disebut dengan puisi lama. Mau tahu apa saja contoh dari puisi lama? Contoh dari puisi lama yaitu seperti syair, pantun, gurindam, karmina. 
Sekarang puisi sudah lebih bebas terutama dalam gaya bahasa yang kemudian sering dikenal dengan sebutan puisi modern atau puisi baru. Bentuk puisi modern adalah balada, romansa, epigram. Adapula pencipta puisi yang terkenal seperti Sapardi Djoko Damono, Aan Mansyur, Chairil Anwar dan masih banyak lagi lho pencipta puisi yang terkenal.

Kalian pingin tidak membuat puisi yang indah? Pastinya pingin dong hehe. Nah, buat kalian yang mau membikin puisi tapi masih bingung. Terapkan tips di bawah ini ya :

1. Menentukan  tema dan juga judul



Nah, untuk pertama kali yang kalian lakukan adalah menentukan tema sebagai acuan dalam membuat puisi. Dalam memilih tema puisi usahakan pilih tema yang menarik agar  banyak yang tertarik untumk membaca karyamu. Setelah memnentukan tema langkah selanjutnya adalah membuat judul yang berpacu pada tema.
2. Menentukan kata kunci


Setelah berhasil menentukan tema dan juga judul, hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu menentukan kata kunci dan juga mengembangkan kata tersebut. Jika, sudah dianggap cukup untuk membuat puisi. Maka, kamu tinggal mengembangkannya ke dalam sebuah kaliam yang menjadikan larik puisi. Dalam satu kata kunci digunakan untuk satu larik. Akan tetapi, juga tidak menutup kemungkinan dalam satu kata kunci dikembangkan menjadi satu bait puisi.

3. Menggunakan gaya bahasa


Nah, di bagian ini kalian dapat menggunakan gaya bahasa yang Anda suka. Salah satu gaya bahasa yang bisa Anda gunakan adalah majas, baik majas perbandingan atau majas metafora.
4. Mengembangkan puisi seindah mungkin


Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengembangkan semua langkah di atas menjadi puisi yang indah. Susunlah kata-kata, larik puisi menjadi bait. Kembangkan menjadi satu puisi yang utuh dan penuh makna. Ingat satu hal ya teman-teman bahwa puisi bukanlah artikel. Jadi, tulisan yang kamu buat harus ringkas, padat dan indah.

Gimana masih bingung mau membikin sebuah puisi?


All source pictures : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menulis Puisi Agar Menjadi Indah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.