Manfaat Menulis Diary Bagi Tubuh





Siapa nih di sini yang suka nulis buku harian? Angkat tangannya yang tinggi dong :D. Waktu aku kecil dulu suka banget tuh sama yang namanya menulis buku harian. Buku harian yang lebih dikenal dengan diary merupakan tradisi kuno yang dimulai sekitar abad 10 Masehi di Jepang. Kebanyakan orang sukses banyak yang menulis jurnal harian atau buku harian. Selain tujuan menulis untuk mengingat kejadian yang penting atau istimewa ternyata  menulis diary juga memberikan banyak manfaat lho untuk tubuh. 


Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak artikel ini sampai tuntas ya :D. Manfaat menulis diary untuk tubuh :

1. Memahami emosi diri sendiri


Dengan menulis diary secara rutin akan membantu seseorang memahami emosinya sendiri. Dengan mengambil langkah mundur dengan melihat halaman buku sebelumnya akan membuat perasaan dan juga pikiran seseorang menjadi lebih mudah untuk menguraikannya.

2. Mengurangi stress



Dengan menulis sesuatu yang membuat kita marah, sedih, kecewa pada buku diary akan mengurangi perasaan buruk yang ada. Ketika menulis mengenai hal-hal yang membuat kamu sedih dan kecewa itu akan membantu kondisi tubuhmu menjadi lebih tenang. Sehingga dapat mengurangi pengaruh negatif dari hal buruk tersebut.


3. Menghilangkan efek trauma


Trauma yang dirasakan seseorang akan membuat orang itu mengalami tekanan yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi depresi. Menurut penelitian, seseorang yang menderita gejala post-traumatic stress (PTSD) ketika mereka diberikan kesempatan menulis diary itu akan membantu mengurangi ingatan masa lalu, mimpi buruk dan juga dapat menolong mereka secara perlahan.

4. Memecahkan masalah secara efektif


Terkadang kita memnggunakan otak kiri dengan prespektif analisis untuk memecahkan suatu masalah. Akan tetapi, jawaban dari permasalahan tersebut terkadang ditemukan melalui hasil kreativitas dan intuisi otak kanan. Dengan rutin menulis buku harian (diary) membuat masalah sebelumnya yang belum terpecahkan menjadi terpecahkan.

5. Diri akan menjadi lebih atraktif



Socrates mengatakan “know yourself” menulis diary dapat membantu untuk mengetahui jati diri dan mengekspresikan diri secara bebas. Misalkan saja dengan melihat buku harian yang selalu merekam kegiatan kita setiap hari, akan menjadikan kita sendiri baik dari pola gaya hidup dan juga pola hidup.

Ternyata menulis buku harian atau diary ada banyak manfaatnya ya? Gimana kamu mau mulai menulis diary tidak?


All source pictures : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Menulis Diary Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.