Pemilihan Opening yang Berpengaruh Pada Pembaca





Opening yang ada di dalam sebuah cerita (cerpen, novel, dan semacamnya) sangat mempengaruhi pembaca. Opening diambil dari kata bahasa Inggris yang artinya pembuka. Dalam tulisan opening merupakan gerbang pembuka.  Karena jika kalian membuat suatu tulisan, pandai-pandailah membuat kalimat pembuka yang bagus.


Kenapa? Karena opening merupakan pemikat untuk membuat seseorang mau terus membaca sebuah cerita atau tidak. Sebuah opening harus bisa membangkitkan penasaran seorang pembaca agar cerita dibaca sampai habis. Karena itu opening mempunyai peran sangat penting.




Jika pada karya fiksi di masa lalu, kalian akan menemukan sebagian tulisan yang dimulai dengan suasana alam. Ini dinamakan serangan cuaca. Misalnya, angin berhembus, hujan, gemericik, daun bergoyang tertiup angin sepoi-sepoi, matahari bersinar, awan beringin, burung bersahutan, ombak menggulung, dan lain sebagainya. 

Baca juga : #Sabtu_Tema - Dia yang Telah Pergi - Andri Lestari

Ada juga yang diawali dengan, pada pagi/ siang/ sore/ malam hari, suatu hari, dan lain sebagainya. Iya kalau di dongeng cocok, tapi selain di dongeng sudah tidak zaman lagi dan terkesan pasaran atau tidak orisinal lagi. Kecuali diksi yang dipilih itu indah atau ada hubungan dengan cerita. Jadi, bukan hanya sekedar kalimat pembuka yang omong kosong atau tidak ada artinya.



Jika ingin karyanya diterima pasar masa kini, penulis harus bisa membuat opening yang menggebrak/ melabrak/ tidak bertele-tele. Jadi, bukan yang berlama-lama menerangkan keadaan cuaca. Apalagi tidak ada hubungannya dengan kalimat selanjutnya. Jika terpaksa harus membuat kalimat pembuka dengan suasana alam, buatlah sebagus mungkin.


Bagaimana masih bingung untuk membuat sebuah opening?


All source pictures : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemilihan Opening yang Berpengaruh Pada Pembaca"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.