Menulis Novel Berlatar Luar Negeri? Coba 5 Tips Ini!


Menulis novel berlatar luar negeri banyak digemari oleh penulis lantaran bisa menarik perhatian pembaca dan memberi sensasi membaca luar negeri melalui tulisan. Terlebih kalau berlatar negara yang disukai seperti Jepang, Korea, dan lainnya akan meningkatkan semangat menulis. Namun, hal ini masih menjadi keraguan bagi beberapa penulis karena sulitnya mengetahui tempat, suasana, dan kebiasaan di luar negeri. 

Eits, tetapi tidak perlu khawatir dengan hal itu karena Sobat bisa melakukan riset lebih dalam berkaitan latar negara yang dipilih. Ya, dengan mengambil latar luar negeri tak perlu pergi ke sana, lho! Sobat penulis hanya perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk membuat novel tetap terasa hidup dan terkesan mengeksplor tentang luar negeri kepada pembaca. Berikut 4 hal yang perlu Sobat Penulis perhatikan saat ingin mengangkat cerita berlatar luar negeri:

Baca juga: 5 Cara Menulis Novel Fantasi agar Pembaca Masuk Ke Dunia yang Kamu Ciptakan

1.Melakukan riset tentang negara yang dipilih

Riset menjadi hal yang penting dalam menulis novel karena menulis cerita tanpa tahu keadaan sebenarnya akan menimbulkan cacat logika. Misalnya, saat ke rumah sakit karena kecelakaan dibawa ke UGD tentu itu hal ganjal karena saat kecelakaan akan dibawa ke ICU. Masih banyak lagi kejanggalan atau hal tidak masuk akal yang biasa muncul di novel karena kurangnya riset, hal tersebut akan membuat pembaca enggan.

Berkaitan dengan menulis dengan latar luar negeri, Sobat perlu melakukan riset mendalam mulai dari mengetahui informasi geografi, budaya, hingga suasana cerita lebih hidup. Hal ini bisa digambarkan dari musim, bangunan, kebiasaan, dan bahasa yang mereka gunakan. Jadi, untuk memunculkan hal tersebut ke dalam cerita, ada baiknya melakukan riset yang sesuai denagn dunia nyata.

2.Melihat film atau video tentang negara yang dipilih

Ketika menulis cerita Sobat perlu membayangkan kalau sedang berada di negara tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menonton film yang berkaitan dengan negara yang kamu pilih. Misalnya saat ingin menulis cerita berlatar Jepang, Sobat bisa menonton film atau video tentang Negeri Sakura tersebut untuk mendapatkan gambaran secara nyata. Selain itu, ada vlog, video pendek, ataupn berita tentang Jepang yang banyak beredar di media sosial. Sehingga informasi tang diperoleh sesuai kenyataan yang disampaikan penduduk atau orang yang tinggal di sana.

Baca juga: 5 Kiat Meningkatkan Kualitas Tulisan, Tak Hanya Membaca Buku

3.Membaca buku untuk mendapatkan sudut pandang baru

Selain membangun imajinasi dengan menonton versi nyatanya dari film atau video, juga bisa membaca novel atau buku non fiksi yang menceritakan atau berlatar luar negeri. Dalam hal ini, Sobat bisa mempelajari tentang cara penulis menggambarkan dan membangun imajinasinya dengan tulisan. Sobat juga bisa membaca novel terjemahan untuk memperoleh sudut pandang dari penulis luar negeri, jadi tidak hanya novel lokal.

Sementara untuk buku non fiksi, Sobat bisa membaca buku sejarah atau ensiklopedia yang berhubungan dengan negara yang dipilih. Terlebih saat Sobat ingin menyematkan tentang sejarah maupun kebudayaan negara tersebut. Dengan sumber ilmiah tersebut, tentu akan sangat berguna karena tulisanmu tidak asal-asalan.

4.Menampilkan ciri khas negara yang dipilih

Menulis cerita berlatar negara Jepang rasanya tak lengkap tanpa menyisipkan pembahasan tentang bunga sakura, maka dari itu dari itu Sobat perlu menunjukkan ciri khas dari negara yang dipilih sebagai latar agar lebih terasa nyata. Dengan begitu, perlu mencari informasi tentang hal yang berkaitan dengan ciri khas dari negara yang dipilih ada baiknya menemukan keunikan yang bagus sehingga pembasa bisa memperoleh pengetahuan.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Stuck Saat Menulis

5.Mendesripsikan aktivitas tokoh dengan detail

Menceritakan kegiatan tokoh utama di negara tersebut mulai dari asal-usul dan identitasnya di negara tersebut menjadi hal yang penting. Sebab, pembaca perlu tahu latar belakang tokoh dan alasannya kenapa di negara tersebut sehingga lebih memahami cerita. Lalu, gambarkan setiap detail kegiatan tokoh dengan baik, berawal dari makanan, jalan yang ia lewati, dan nama daerah yang ditempatinya. Dengan begitu novel akan terasa nyata dan tidak membuat pembaca bosan.

Demikianlah 5 tips yang bisa Sobat coba untuk menulis cerita berlatar luar negeri. Memang tanpa berkunjung langsung ke tempatnya akan sulit untuk menuliskannya dalam cerita, tetapi itu tak menutup kemungkinan bagi penulis untuk menceritakan sebuah kisah yang berlatar luar negeri. Kalau Sobat ingin menulis novel berlatar luar negeri, negara mana yang akan Sobat pilih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menulis Novel Berlatar Luar Negeri? Coba 5 Tips Ini!"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.