5 Cara Menulis Novel Fantasi agar Pembaca Masuk Ke Dunia yang Kamu Ciptakan

 


Cerita fantasi menjadi genre yang banyak diminati, tetapi jarang penulisnya karena kesulitan dengan genre yang menitikberatkan pada imajinasi ini. Dunia sihir, keajaiban, kekuatan super, dan hal lainnya yang menarik perhatian pasti memerlukan ide yang luar biasa untuk membuatnya. Terlebih genre ini mengangkat cerita yang beda dan tentang dunia yang belum pernah diketahui atau bayangkan.

Maka dari itu, dibutuhkan berbagai hal dalam menulis genre fantasi ini sehingga novel terlihat hidup dan sukses membuat pembaca terbawa ke dalam dunia yang diciptakan penulis. Untuk kamu yang pernah membaca atau menonton film Harry Potter, The Chronicles of Narnia, atau cerita bergenre fantasi lainnya bisa memulai membuat novel dengan genre yang sama, nih, berikut tipsnya!

Baca juga: Macam-Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis dan Tokohnya

Memikirkan hal yang berbeda atau out of the box

Cerita fantasi mayoritas mempunyai alur, setting, serta tokoh yang unik sehingga penulis dituntut mempunyai pemikiran yang tidak biasa atau out of the box. Dalam hal ini, Sobat tidak perlu ragu untuk menunjukkan ide yang antimainstream, sebab ini akan membuatmu yakin dalam berkarya dan pembaca bisa merasakannya.

Memberi sentuhan ajaib atau magis

Novel fantasi rasanya tak lengkap tanpa sentuhan magis di dalamnya sebab inilah yang memberikan kesan unik dan menarik perhatian pembaca agar masuk ke dalam ceritamu. Maka dari itu, sisipkan kekuatan super dalam ceritamu untuk beberapa tokoh, misalnya seorang perempuan yang mempunyai kekuatan kembali ke masa lalu, dan masih banyak lagi.

Terkesan ringan dan tidak mengada-ada

Cerita fantasi yang ditunjukkan memang hanyalah imajinasi, tetapi sebagai penulis tetaplah mempertahankan cerita yang ringan agar terlihat natural. Tak jarang cerita terlalu mengada-ada sehingga membuat pembaca ragu dan ilfeel.

Dipadukan dengan genre adventure

Baca juga: Cara Membuat Karakter Cerita Menjadi Lebih Nyata

Genre adventure atau petualangan memang sangat menarik dan sesuai jika dikombinasikan dengan genre fantasi seperti The Chronicle of Narnia yang menceritakan tentang petualangan ke negeri di balik lemari. Masih ada banyak lagi cerita fantasi yang menyajikan cerita petualanagn sehingga cerita lebih seru, menarik, dan antimainstream.

Tidak melulu menggunakan latar waktu masa lalu

Keterkaitan fantasi dan kerajaan yang sangat kuat membuat penulis memilih cerita bersetting masa lalu untuk genre ini, tetapi Sobat juga bisa menggunakan latar waktu yang sekarang atau masa depan dalam membuat novel fantasi. Misalnya seperti Percy Jackson yang bercerita tentang anak sekolah, ini juga bisa dijadikan inspirasi untuk membuat cerita.

Demikianlah 5 tips membuat novel fantasi yang bisa membuat pembaca terbawa ke dunia yang penulis ciptakan. Buat Sobat yang menyukai novel bergenre fantasi bisa mencoba membaca atau menonton cerita dengan genre tersebut sebagai referensi. Apa nih film maupun novel bergenre fantasi yang pernah Sobat tonton maupun baca?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menulis Novel Fantasi agar Pembaca Masuk Ke Dunia yang Kamu Ciptakan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.