Sering Dinilai Sama, Ini Perbedaan Genre Horor, Misteri, dan Thriller

 


Ketiga genre cerita maupun film sama-sama memacu adrenalin bagi penikmatnya, tetapi tak mengurangi daya tariknya. Genre horor, misteri, thriller pun banyak disukai oleh semua kalangan, hanya saja anak-anak tidak diperkenankan untuk membaca cerita bergenre tersebut. Anehnya, banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan genre horor, misteri, dan thriller ini.

Pada umumnya, genre horor berkaitan dengan setan atau hantu, lalu genre misteri berhubungan dengan teka-teki, dan terakhir genre thriller yang erat kaitannya dengan aksi pembunuhan serta lainnya. Dalam hal ini, ketiga genre tersebut memiliki efek yang sama untuk pembaca maupun penonton filmnya, yaitu ketegangan dan ketakutan. Namun, dalam pengertian konflik cerita yang diangkat oleh setiap genre berbeda, yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya!

Baca juga: Ironi-Ironi Urban Dalam Kosmopolitan - Deni Dwi Eriyana

1. Horor merupakan genre yang membangkitkan rasa takut

Cerita bergenre horor, mulai dari novel, televisi, atau film dibuat untuk menakut-nakuti serta membuat panik penonton. Dalam hal ini penulis akan memunculkan berbagai ketakutan buruk yang tersembunyi, biasanya di akhir cerita terdapat adegan yang menakutkan atau mengagetkan. 

Definisi lain mengatakan, genre horor akan menampilkan apa pun sisi gelap, primitif, serta menjijikkan secara bersamaan untuk menarik dan membuat penonton ketakutan. Perlu diketahui pula, kalau ada beberapa sub genre horor, misalnya horor supranatural, horor misteri, dan horor thriller.

2. Misteri adalah cerita yang bertujuan membuat penasaran dan penuh teka-teki untuk diselidiki

Genre misteri merupakan cerita tentang sesuatu atau kejadian misterius yang perlu diungkap oleh tokoh utama. Teka-teki yang kebanyakan muncul dalam genre misteri adalah kejahatan yang perlu dipecahkan, diungkap, dan diselesaikan. Biasanya misteri tersebut adalah sesuatu yang besar seperti pembunuhan atau pembantaian. 

Baca juga: Seminar Online Nasional “Tips Menulis Cerita Misteri” bersama Kak Yudith

Sehingga banyak yang mengaitkan genre misteri dengan cerita detektif atau investigasi. Selain itu, genre misteri juga mempunyai subgenre, yaitu genre cozy misteri. Bahkan genre ini sering dihubungkan dengan genre horor dan genre thriller.

3. Thriller menyajikan adegan yang menegangkan

Menurut salah satu penulis genre thriller yang terkenal, yaitu Dan Brown, genre thriller merupakan cerita yang menarik audiense serta membangkitkan ketegangan yang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga cerita membuat pembaca maupun penontonnya terus menebak sampai akhir. 

Sederhananya, thriller merupakan cerita yang ditunjang oleh alur gelap, menegangkan, serta mengasyikkan. Ada pula sub genre thriller, yaitu psychological thriller, crime thriller, action thriller, serta lainnya.

Nah, itulah perbedaan genre misteri, horor, dan thriller yang masih sering salah lantaran hampir sama. Bahkan beberapa cerita maupun film menggabungkan genre-genre tersebut, dalam sub genre-nya sendiri terdapat kombinasi diantaranya. Nah, kalau Sobat lebih suka baca genre apa, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sering Dinilai Sama, Ini Perbedaan Genre Horor, Misteri, dan Thriller"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.