3 Tips Memulai Karier Menulis Sebagai Blogger

 


Blogger menjadi profesi yang banyak diminati seiring perkembangan zaman, lantara keahlian menulis di website yang dipublikasikan ke pengguna internet ini menjadi sarana membagikan opini, pengalaman, artikel, dan lainnya. Blogger sendiri merupakan seseorang yang aktif membagikan opini atau pendapatnya dalam bentuk tulisan di media yang bisa disebut blog. Tulisan yang dipublikasikan blogger ini bisa bermacam-macam, mulai dari tulisan fiksi hingga non fiksi. 

Tak hanya itu, seorang blogger juga bisa memperoleh penghasilan dari kegiatan tulis-menulisnya. Tak heran, jika profesi ini banyak diminati karena banyak peluang mendapatkan penghasilan dari mengunggah tulisan di blog. Blog sendiri juga memberikan banyak fitur yang memudahkan blogger untuk membuat artikelnya muncul di beranda utama google. Untuk Sobat Sastra yang ingin menggeluti profesi ini, ada 3 tips sederhana yang bisa dicoba, nih!

Baca juga: Cara Menulis Artikel untuk Pemula

1.Menentukan topik utama blog

Menentukan topik utama dari blog menjadi hal pertama yang wajib Sobat lakukan. Sebab, topik merupakan identitas utama dari blog yang Sobat kelola, ada baiknya tidak mencampurkan berbagai topik yang tak berhubungan. Banyaknya topik yang diangkat akan membuat pembaca setia blog bingung. Beberapa topik yang banyak diminati antara lain traveling, lifestyle, financial, pengembangan diri, resep makanan, dan masih banyak lagi. Untuk menentukan topik, Sobat bisa mencari tahu ketertarikan audiens pada topik spesifik yang dibahas di google trend.

2.Melakukan riset

Setelah memilih topik utama, berlanjut melakukan riset. Lakukan riset ke website lain yang memiliki konten serupa, serta riset guna memperdalam tulisan, seperti mengetahui bagaimana karakter penulisan artikel tersebut. Yup, hal ini bertujuan untuk mencari tahu seperti tipe konten seperti apa yang diminati pembaca, informasi apa yang sering dicari, dan tulisan bagaimana yang cocok untuk Sobat.

Perihal memperdalam bahan tulisan bisa dilakukan dengan membaca beberapa sumber terpercaya, mulai dari website resmi, jurnal, serta beberapa media lain yang kredibilitasnya terpercaya. Artikel yang kaya akan informasi tentu disukai pembaca, tetapi usahakan pembahasan tetap terarah dan tidak kemana-mana apalagi sampai jauh dari judul.

Baca juga:  4 Langkah Mudah dalam Menulis Artikel

3.Memulai menulis serta memublikasikan tulisan di blog

Mungkin saat pertama kali akan sulit mengunggah tulisan di blog karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti labels, link, untuk blogspot. Namun, seiring waktu Sobat akan semakin paham dengan tata letak blog agar menarik, mulai menyertakan gambar, mulai menyisipkan backlink, dan lainnya. Kemudian beralih ke wordpress yang lebih kompleks dari blog, tetapi wordpress lebih berpotensi untuk menghasilkan uang. Walau agak rumit di wordpress Sobat akan menjumpai SEO, Web Design, dan lainnya.

Mudah bukan menjadi penulis blog atau blogger? Untuk beberapa orang yang hanya ingin menyampaikan opini, menuliskan pengalaman di blog, atau hanya menyalurkan hobi tentu akan sangat menyenangkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Memulai Karier Menulis Sebagai Blogger"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.