4 Langkah Mudah dalam Menulis Artikel

Hai Sobat Penulis, pastinya dalam dunia menulis tidak hanya ada karya fiksi seperti novel, cerpen, dan lainnya. Tentunya adaa juga karya nonfiksi seperti biografi, karya ilmiah, dan artikel yang belakangan ini banyak diminati. Terlebih menulis karya nonfiksi berupa artikel, untuk kamu yang tertarik menulis artikel tapi ragu dan bingung memulainya dari mana. Nih, ada empat langkah yang mempermudah kamu menulis artikel!

Yap, tak jarang penulis berpikir menulis artikel itu sulit, bahasanya berat, pembahasannya pun daging banget bakalan susah untuk orang awam, atau bosen banget nulis artikel, dan lainnya. Banyak banget keluh kesah tentang artikel, ya, padahal banyak artikel yang berkeliaran di media sosial. Sekali search di google dengan mudahnya informasi yang diinginkan muncul, tentunya banyak juga penulis artikel karena kini mengutarakan gagasan melalui artikel menjadi banyak digemari.

Baca juga : Cara Menulis Artikel untuk Pemula

  • 4 Langkah Mudah Menulis Artikel

1. Menentukan tema dan judul

Menentukan tema, tentunya menjadi langkah pertama yang umum untuk semua karya tulis begitu pula artikel. Kamu bisa memulainya dengan memilih tema besar terlebih dulu, lalu memutuskan pembahasan yang lebih spesifik dari tema besar tersebut. Selanjutnya, buatlah judul yang menarik untuk pembaca. Misalnya, tema utama atau tema besar yang dipilih adalah sastra, selanjutnya kamu bisa mengambil topik yang berkaitan dengan tema besar tersebut, misalnya sastra Jepang. Kemudian, mengambil judul seperti ‘5 Puisi Berpola dalam Kesusastraan Jepang, Inspirasi Waka Indonesia’.

2. Membuat kerangka tulisan

Setelah menentukan tema, Sobat bisa membuat kerangka tulisan dengan membuat poin atau kata kunci yang secara umum menggambarkan apa yang ingin Sobat tulis. Kerangka tersebut akan memudahkan mengatur tujuan dan arah artikel yang Sobat buat nantinya. Contohnya:

5 Puisi Berpola dalam Kesusastraan Jepang, Inspirasi Waka Indonesia

Pengertian dan sejarah Waka atau puisi Jepang

5 Jenis puisi Jepang dan polanya

Contoh puisi Jepang yang diadopsi ke bentuk Indonesia

Eits, biar kalian tidak bingung dengan contoh yang aku buat sedikit aku jelaskan. Pasti kenal dengan haiku, senryu, dan lainnya. Ini tidak hanya lima sebenarnya, panjang kalau dibahas. Intinya pola puisi 5, 7, 7 yang menunjukkan jumlah suku katanya. Contoh puisinya:

Baca juga : Cara Mudah Menulis Artikel dan Mengundang Banyak Pembaca

Semburat jingga (5 suku kata)

Bersua bagaskara (7 suku kata)

Dengan sang senjakala (7 suku kata)

3. Mengembangkan kerangka

Setelah merasa yakin dengan kerangka tulisan, kembangkan kerangka tersebut. Sobat bisa memulainya dengan kalimat umum, lalu memperdalam dengan kalimat khusus maupun sebaliknya, dimulai dari penjelasan khusus, hingga menjadikan kalimat umum tersebut sebagai kesimpulan. Sobat bisa mencari referensi dari tulisan orang lain, karena dalam hal ini saya tidak bisa memberikan contoh, bisa jadi artikel di dalam artikel nanti.

4. Mengedit tulisan

Mengedit menjadi langkah terakhir yang tidak kalah penting, yaitu untuk mengecek dan membenahi kesalahan tulisan serta memantapkan tulisan secara keseluruhan. Hal ini berguna untuk memastikan kesinambungan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Terlebih, juga diperlukan sudut pandang sebagai pembaca untuk mengedit. Tujuannya untuk mengetahui apakah tulisan bisa dipahami pembaca atau masih ada yang harus diperbaiki. 

Nah, itulah empat langkah mudah menulis artikel yang bisa kamu terapkan. Mudah bukan? Tidak sesulit novel yang panjang, hemm walau bagi beberapa orang lebih asyik novel, ya. Jika kalian sudah menulis artikel bisa dipublikasikan di platform maupun media yang ada, cari saja informasi di internet karena banyak situs yang menerima artikel untuk diunggah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Langkah Mudah dalam Menulis Artikel"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.