5 Cara Sederhana Mengatasi Stuck Saat Menulis



Di era digital seperti sekarang banyak potensi yang berkembang dari setiap pribadi, salah satunya dengan menulis. Rasanya kegiatan menuangkan ide, pikiran, mauppun gagasan dalam bentuk rangkaian kata sudah banyak dilakukan oleh para pengguna media sosial. Ya, saat menggulir beranda Instagram, Facebook, maupun menggeser Story Whatsapp banyak kata-kata atau kutipan indah bertebaran, tentunya kebanyakan related dengan kondisi hati. 

Lewat menulis kata-kata indah inilah seseorang bisa aktif berkarya, selain itu kegiatan menulis tidak hanya dilakukan oleh orang yang bergelar pendidikan tinggi. Namun, hampir semua kalangan termasuk emak-emak maupun anak remaja mulai menulis. Tak jarang pula dalam menulis mengalami stuck, buat Sobat yang menjadikan kegiatan menulis sebagai rutinitas pasti pernah mengalami stuck atau kemacetan dalam menulis. Dengan kata lain, kehabisan ide yang bisa dialami oleh penulis pemula maupun penulis senior. Nah, berikut tips mengatasi stuck saat menulis yang bisa kamu terapkan!

Baca juga : Cara Mengatasi Rasa Tertekan saat Menulis

1. Mengambil jeda untuk mengistirahatkan pikiran

Stuck dalam menulis bisa disebabkan oleh kelelahan pikiran, maka dari itu berhenti sejenak untuk mengistirahatkan pikiran atau refreshing. Refreshing yang dimaksud tidak harus pergi ke tempat wisata, hiburan, atau ke tempat mewah. Namun, bisa melakukan hal sederhana seperti jalan-jalan di sekitar rumah, mendengarkan musik, dan lainnya. Nah, setelah merasa lebih tenang dan segar, ide akan dengan sendirinya bermunculan kembali, dan bersemangat kembali melanjutkan menulis.

2. Banyak membaca buku maupun artikel tentang kepenulisan yang memotivasi

Kini, sudah banyak artikel maupun buku yang memotivasi dan bisa dibaca, dengan ini semangat untuk terus menulis semakin meningkat. Sehingga bagaimanapun kondisinya termasuk stuck, kamu akan berusaha untuk tetap mengatasinya dan menulis. Sebenarnya, stuck dalam menulis bisa terjadi karena kurangnya motivasi untuk menulis.

Baca juga : Tips Mengatasi Writer's Block, Menulis ala Haruki Murakami

3. Membuat target menulis

Adanya target dalam menulis menjadi dorongan untuk penulis agar tetap bersemangat dalam kondisi stuck. Biasanya yang menjadi penulis hebat serta sukses akan selalu melawan dan bangkit saat stuck atau menghadapi masalah menulis lainnya. Sebab, seorang penulis tidak akan menjadi hebat dan sukses jika tidak melakukan hal besar serta hebat pula. Maka dari itu, keinginan bisa sukses dalam dunia menulis menjadi kunci penting untuk penulis dalam menyukseskan karyanya.

4. Mengunggah karya ke publik

Mengunggah karya ke media sosial maupun paltform menulis akan mendapatkan feedback dari pengguna media sosial lainnya. Meskipun tak mendapatkan feedback, setidaknya telah memberikan manfaat dalam bentuk tulisan, Hal ini akan menjadi cara untuk terus menulis saat stuck. 

Baca juga :  Tips Membangkitkan Mood Menulis

5. Setting Ambience/Mengatur suasana

Mood atau suasana hati menjadi poin penting dalam menulis, oleh karena itu kamu harus bisa mengatur suasana di lingkunganmu. Sehingga dalam kegiatan menulis bisa nyaman dan meningkatkan suasana hati. Salah satunya dengan menata tempat atau ruangan yang digunakan menulis agar tetap rapi dan bersih, lalu memutar lagu favorit. Kamu bisa melakukan hal lain yang bisa meningkatkan mood, dengann begini ide akan bermunculan dan kegiatan menulis menjadi sangat menyenangkan.

Begitulah, cara yang bisa dilakukan oleh penulis untuk menghadapi masalah stuck yang sering dikeluhkan. Tak hanya itu, kehabisan ide seakan menjadi masalah yang umum terjadi padahal ide bisa dicari dari sekitar kita. Sebenarnya semua masalah yang datang dalam menulis karena kurangnya motivasi dan semangat untuk terus menulis. Kalau stuck menghampiri, apa nih yang akan Sobat Writers lakukan? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Sederhana Mengatasi Stuck Saat Menulis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.