Cara Mengatasi Rasa Tertekan saat Menulis

Hai Sobat Literasi, kalau berbicara soal menulis kebanyakan penulis mengganggap ini sebagai hobi. Ya, karena itu menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan setiap kita menekuni hal tersebut. Namun, dari masa ke masa penulis mempunyai masa jenuhnya sendiri terlebih saat hobi berubah menjadi pekerjaan. 

Nah, sejak itu memunculkan gagasan atau ide dengan cepat dan mengejar deadline menjadi tuntutan. Hal inilah yang membuat penulis tertekan. Beruntungnya dalam sebuah event, Samuel Ray menyampaikam tips untuk para penulis agar bisa mengatasi rasa tertekan tersebut. Berikut cara mengatasi rasa tertekan saat menulis:

Baca juga: Tips Membangkitkan Mood Menulis

1. Ganti media menulis

Sebagai penulis, kita bisa mencoba mengganti media menulis misal jika biasanya menggunakan blog bisa beralih menulis di platform lain. Atau jika biasanya mengetik di laptop, komputer, maupun ponsel cobalah ganti dengan menulis tangan. Selain itu, bisa di instagram dengan membuat mini blog di mana kita bisa mencantumkan foto terbaik yang pernah kita ambil. Hal ini bisa menjadi pengalaman baru yang lebih menyenangkan dan membuat kita tidak bosan.

2. Mind mapping

Sobat Literasi pasti tidak asing lagi dengan mind mapping yang merupakan metode berpikir dengan membuat gambar diagram berisi kata kunci dari sebuah ide yang disesuaikan. Hal ini bisa memudahkan kita saat menyusun gagasan, bahkan nantinya akan lebih mudah menangkap ide dan menguraikannya ke dalam paragraf. Mind mapping bisa melatih kinerja otak kanan dan otak kiri dalam waktu bersamaan. Nah, dengan menerapkan metode ini Sobat Literasi akan terhindar dari rasa tertekan karena memikirkan ide tulisan.

3. Istirahat yang cukup

Menulis merupakan kegiatan yang bisa menguras tenaga karena mengandalkan kinerja otak, tak heran jika kita lelah setelah duduk untuk menulis selama beberapa jam. Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Sobat Literasi bisa mencoba tidur, merenggangkan badan, atau menghirup udara segar di luar. Hal sederhana tersebut bisa mempengaruhi stamina tubuh dan otak, serta menjauhkan diri dari stress.

Baca juga:  Tips Mengatasi Writer's Block, Menulis ala Haruki Murakami

4. Olahraga

Olahraga tak hanya memulihkan kondisi jasmani, tetaapi juga bisa me-refresh pikiran yang sudah lelah karena terlalu lama menulis. Nah, Sobat Literasi bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang murah dan mudah seperti jogging di pagi atau sore hari sambil menikmati suasana di luar. Selain olahraga, Sobat Literasi bisa mencoba meregangkan badan, dan menggerakkan bagian tubuh yang lain dengan sederhana.

5. Mencari hobi lain sejenak

Jika melakukan hobi menulis membuat kita tertekan, Sobat Literasi bisa mencoba hobi lain. Bisa saja kita hanya merasa jenuh dan bosan dengan kegiatan yang ditekuni terus-menerus. Usahakan hobi tersebut bisa membuat diri menjadi lebih santai dan jauh dari perasaan tertekan, misalnya memasak makanan favorit atau menonton serial komedi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Tertekan saat Menulis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.