Perbedaan Novelet, Novela, dan Novel

Hai Sobat Literasi, pasti kalian sudah sering mendengar istilah novel bahkan pernah membaca atau menulis karya berupa novel. Namun, jarang mendengar novelet dan novela. Dua istilah ini hampir sama dengan novel, mungkin hanya nama lainnya. Eits, salah! Memang namanya hampir sama karena ketiganya sama-sama berupa cerita bersambung, hanya jumlah kata yang membedakannya. 

Novelet dan novella sebenarnya banyak tersedia di toko buku, saudara dekat novel ini bisa dengan mudah ditemukan. Namun, karena lebih sering mengenal novel, orang jadi terbiasa menyebutnya sebagai novel mini atau menyamakannya. Yuk, kita kupas satu-persatu tentang ini!

Baca juga: Review Novel Zahra dan Abyan

1. Novelet

Novelet merupakan sebuah karya sastra yang memiliki bentuk lebih kecil dari novel, bisa juga disebut dengan novel mini, Istilah novelette sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti dongeng atau sebuah berita. Cerita yang ditulis menggunakan alur panjang, tetapi tidak terlalu kompleks, latarnya luas, penokohan detail, dan waktunya dengan tempo sedang.

Umumnya novelet lebih pendek dari novella, yaitu memiliki 7500-17000 kata. Novelet ini lebih panjang dari cerpen atau cerita pendek, sehingga dengan jumlah kata yang relatif sedikit ini bisa dimasukkan ke dalam list buku 'one-sit read' atau buku yang habis dibaca dengan sekali duduk. Nah, kalian bisa membaca buku karya Charles Dickens berjudul A Christmas Carol dan The Doll and Other karya Algernon Blackwood.

Baca juga: Rekomendasi Buku Habis Dibaca dengan Sekali Duduk

2. Novella

Para Penulis fiksi ilmiah dan fantasi Amerika mendefinisikan novelet memiliki jumlah kata 17.500-40.000 kata. Berbeda dengan sumber lainnya yang menyebutkan panjang novella antara 30.000-50.000 kata, yaitu menurut Dr,Furqonyl Axiez, M.Pd dan Dr, Abdl Hasim, M.Pd di dalam bukunya yang berjudul 'Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar'.

Awalnya di Italia pada abad pertengahan, isi novella berdasarkan acara lokal yang lucu, politik, dan hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Novella menjadi genre sastra yang umum di beberapa bahasa di Eropa, tetapi tidak di Inggris. Novella sendiri memiliki tempo sedang dan bertahap, dan biasanya melompat ke bagian berikutnya. Sehingga di beberapa bagian penulis langsung memberikan penyelesaian tanpa perlu menceritakan secara rinci.

3. Novel 

Terakhir adalah novel yang sudah sering kita kenal, tetapi beberapa orang tak memperhatikan jumlah katanya. Novel memiliki jumlah kata antara 70.000-400.000 kata. Tentunya, novel memiliki alur yang kompleks, penokohan yang rinci, lingkungan luas, terdapat berbagai konflik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Novelet, Novela, dan Novel"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.