8 Bagian Penting Saat Service Motor

Service motor menjadi salah satu cara untuk melakukan pengecekan kondisi motor. Kamu bisa melakukan dengan rutin pada saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Adapun beberapa bagian yang dicek yaitu memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor, yuk baca artikel ini sampai selesai. 

1. Oli Mesin

Oli mesin merupakan bagian pertama yang mempunyai fungsi untuk menjadi pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Hal inilah yang menyebabkan kamu harus rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Biasanya rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Untuk biaya yang perlu kamu bayar yaitu meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Buat kamu pengguna motor matic, tentunya wajib rutin melakukan pergantian oli gardan. Hal ini tentunya sesuai dengan fungsi oli gardan itu sendiri yaitu untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu untuk mengganti oli gardan ini bisa dilakukan dengan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi mempunyai fungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa menyala. Jika busi tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Adapun salah satu komponen di motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Misalkan saja kampas rem sudah tipis, maka rem pun juga menjadi kurang pakem, dan bahkan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara yaitu menyaring adanya udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Tujuannya adalah agar jangan sampai ada kotoran yang masuk dan bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator. Maka dari itu, biasanya pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Untuk tegangan pada aki itu sendiri idealnya yaitu 12,3-12,6 Volt pada kondisi mesin mati. Sementara jika mesin tersebut menyala, maka tegangan aki ada pada angka 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, atau bahkan ditemukan ada kebocoran, kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan yang mendetail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar motor bisa digunakan dengan nyaman.

7. Ban

Melakukan pemeriksaan pada ban ini juga sangat penting untuk dilakukan. Bahkan seharusnya, kamu bisa memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor tersebut. Namun pada saat melakukan service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara yang ada di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya dalam keadaan gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen. Terutama pada komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus di tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator atau saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kemudian adakalanya tune up tersebut bisa disertai dengan melakukan penggantian oli mesin, ganti oli gandar, atau juga dengan melakukan penggantian sparepart. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena mekanik akan memberikan informasi terlebih dahulu kepadamu. Jika kamu setuju, maka mekanik tersebut akan melakukan proses perbaikan.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor

Buat kamu yang ingin mendapatkan servis yang bagus, tentunya juga harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga dong. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan yaitu Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru biasanya dikenal dengan sistem servis terpadu. Adapun tujuan melakukan jenis service motor ini yaitu untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan juga ketahanan motor dengan cara yang cepat dengan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan bahkan juga jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Saja Manfaat Melakukan Servis Motor di Planet Ban? 

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Hal ini tentunya bisa lebih meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  2. Jika misalnya dipadukan dengan penggunaan sparepart yang asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan juga tarikan enteng
  3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja yaitu antara 4-6 bulan sekali. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu sering ke bengkel, maka biaya servis jadi lebih hemat.
  4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor menjadi berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan Servis Motor di Tempat lain.

Jika kamu melakukan servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak terdapat kotoran, debu dan juga sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Selain itu, juga sering ditemukan adanya kotoran dan debu yang ada di blok CVT. Hal inilah yang bisa membuat motot menjadi terasa lebih berat.

Tentu berbeda jika kamu melakukan service motor secara rutin di Plannet Ban. Hal ini terbukti dengan seluruh bagian atau part mesin yang ada pada motor akan dibersihkan sampai terlihat seperti baru. Tidak hanya itu, bahkan pada kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua bagian tersebut akan dibersihkan dari sisa pembakaran, debu, kotoran yang ada. Hal inilah yang bisa membuat mesin terlihat seperti baru.

Memang benar, service motor di Planet Ban ini bisa membuat motor kamu terasa seperti mempunyai mesin yang baru. Untuk hasil yang bisa kamu rasakan adalah tarikan menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%. Kemudian juga bisa menjadi lebih hemat BBM, dan juga mesin bisa menjadi lebih bersih.

Untuk harga service motor yang dilakukan di Planet Ban ini juga terbilang terjangkau. Untuk melakukan service motor injeksi yaitu Rp20.000, service CVT dan juga rantainya yaitu 19.500. Bahkan untuk melakukan service throttle body juga hanya Rp.20.000. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan penggantian oli motor matic dengan mudah di Planet Ban ini.

Nah, sudah tahu kan sekarang apa saja manfaat melakukan cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis secara rutin? Sekarang, coba ingat-ingat lagi deh, kapan terakhir kamu melakukanservice motor? Kalau kamu sudah lama tidak melakukan servis motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "8 Bagian Penting Saat Service Motor"

  1. Kalau ingin sepeda motornya nyaman untuk digunakan memang harus melakukan service secara rutin nih ya

    BalasHapus
  2. Kalau menurut saya bagian motor yang paling penting adalah mengganti oli secara teratur ya

    BalasHapus
  3. Wah bisa menjadi salah satu referensi nih ketika hendak melakukan service motor hehe

    BalasHapus
  4. Banyak banget nih ya keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan service motor di Planet Ban

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.