Macam-Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis dan Tokohnya

Hai Sobat Literasi, membahas tentang genre novel pasti sering mendengar romance, fantasi, dan kawan-kawan. Lalu, adalagi seperti chicklit, teenlit, dan adult yang terdengar aneh jika disatukan. Dari segi mana pemilihan genre novel ini, eits Sobat tidak perlu bingung lagi karena sudah pasti genre novel dibedakan berdasarkan jenis, tokoh, dan isinya. Yuk, kepoin apa aja macam-macam genre novel!

 Genre Novel Berdasarkan Jenisnya

1. Romance

Genre romance atau romantis berhubungan dengan sebuah jalinan percintaan, umumnya mengisahkan dua pasangan yang sedang merasakan cinta. Contoh novel romance di antaranya 00.00, Mariposa, Ayat-ayat Cinta.

2. Fantasy

Novel bergenre fantasi biasanya mengangkat tema seperti mitos yang penuh kegaiban, kekuatan supranatural, dan dunia fantasi yang membuat para tokohnya seakan hidup. Umumnya genre fantasi bertolak belakang dengan kehidupan di dunia nyata, karena penuh dengan imajinasi dari penulis. Contohnya seperti novel Percy Jackson dan Harry Potter.

3. FIksi Ilmiah 

Fiksi ilmiah atau biasa disebut Sci-Fi (Science Fiction) merupakan sebuah genre novel berdasarkan pengetahuan lebih dari penulis terkait ilmu dan teknologi sains, karena cerita yang diambil biasanya memuat pemahaman akan ilmu pengetahuan seperti biomolekuler, dan ilmu hukum alam semesta lainn yang bisa memperkuat daya pikat isi dari cerita tersebut. Contohnya Supernova karya Dee Lestari.

4. Horror

Horror merupakan genre novel yang menyuguhkan cerita menyeramkan, menakutkan, dan membuat bulu kuduk pembaca naik. Novel bergenre horror akan menghubungkan cerita dengan mitos supranatural atau kepercayaan yang ada di masyarakat. Contoh novelnya Danur, The Chalk Man, dan sejenisnya.

Baca juga: Nutula Seminat "Tips dan Trik Menulis Romance-Spiritual" Bersama Kak Hanaksara

5. Mystery

Genre misteri menyajikan kisah tentang keanehan atau kejanggalan, teka-teki dari sebuah kasus dengan cara penyelesaiannya. Umumnya, novel bergenre misteri memanfaatkan adegan yang penuh tipu daya dan diakhiri dengan plot twist yang membuat pembaca terkejut. Biasanya genre misteri berkaitan dengan genre thriller dan kebanyakan berbau detektif. Contohnya Sherlock Holmes.

6. Thriller

Genre thriller sering mengandung unsur misteri, kejahatan pembunuhan, dan sejenisnya. Novel dengan genre ini bertujuan membuat pembaca merasakan tegang dan mengaitkan unsur psikologi dan pesan moral yang mendalam. Contohnya The Good Son karya Jeong You-Jeong.

7. Comedy

Genre ini menyadikan berbagai cerita ringan berbau humor, lucu, dan menghibur pembaca. Novel ini banyak disukai karena menghibur, menyegarkan otak. Novel genre komedi sering dikolaborasikan dengan genre lainnya untuk menyegarkan alur cerita. Contoh novel bergenre komedi di antara lain Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan sebagainya.

8. Inspiratif

Novel bergenre inspiratif bertujuan memberikan inspirasi pada pembacanya, biasanya menceritakan kisah terkait perjuangan menjalani hidup dan berbagai hal yang membuat semangat. Umumnya, novel bergenre inspiratif mengandung pesan moral yang membuat para pembaca merenungi dan bijak dalam mengambil tindakan dalam hidup. Contohnya Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.

9. Sejarah 

Novel sejarah mengisahkan sebuah sejarah peradaban atau kebudayaan, peristiwa, seorang tokoh, ataupun tempat. Novel dengan genre sejarah biasanya mengambil latar zaman dahulu. Contohnya Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Rumah Kaca, Jejak Langkah.

10. Psikologi

Novel psikologi berfokus pada cara kerja pikiran manusia, dengan kata lain menggambarkan tentang pikiran manusia yang diperoleh dari intuisi dan intropeksi diri penulis. Contohnya The Art Of Loving, dan masih banyak lagi.

11. Saga atau keluarga

Saga atau keluarga merupakan novel fiksi yang bertemakan keluarga, di mana penulis menceritakan  sejarah sebuah keluarga dalam jangka waktu yang panjang. Plot dan alur di dalamnya pun sering digunaan menggambarkan sebuah peristiwa sejarah, pasang surut kehidupan, keadaan sosial, dan lainnya. Contohnya Rich Man Poor Man dan The Glass Castle.

12. Petualangan

Petualangan merupakan salah satu jenis novel yang menceritakan tokoh protagonis yang melakukan perjalanan sangat epik dan menyenangkan. Contoh novelnya The Lord of The Rings.

Genre Novel Berdasarkan Tokoh dan Isinya

1. Teenlit

Teenlit merupaan singkatan dari teen literature, kata teen berasal dari teenager atau remaja sedangkan literature berarti tulisan. Dengan kata lain, genre teenlit mengangkat tema kehidupan anak remaja umumnya dengan berbagai konflik dalam mencari jati dirinya misalnya cinta monyet dan patah hati. Kisah yang disuguhkan pun ringan, alur dna gaya bahasanya sederhana dan mudah dipahami pembaca. Contohnya Lupus, Lovasket, Victory, dan lainnya.

Baca juga: Perbedaan Novelet, Novela, dan Novel

2. Chicklit

Chicklit merupakan kisah fiksi yang berhubungan denga wanita, cerita dengan genre ini mempunyai daya tarik yang cukup tinggi untuk wanita. Biasanya genre ini mengangkat cerita si tokoh utama mengalami perkembangan dan perubahan fisik dalam pencariannya akan kebahagiaan, kesuksesan, cinta, dan persahabatan. Target genre ini, adalah wanita berusia 20-an dan wanita karier pada umumnya. Contohnya Sophaholic, Surprise Me, Divortiare, dan lainnya.

3. Songlit

Genre ini terinspirasi dari sebuah lagu, biasanya alur ceritanya dikembangkan dari sebuah lagu yang populer dan bermakna mendalam. Contohya Sebelumm Cahaya, Lelaki Buaya Darat.

4. Adult atau Dewasa

Novel genre ini diperuntukkan hanya untuk orang dewasa dikarenakan isinya berhubungan dengan unsur sensualitas orang dewasa. Contohnya Saman dan Larung.

Nah, itulah macam-macam genre novel, jadi lebih jelas bukan dibedakan berdasarkan apanya. Apalagi nih genre novel yang kalian temui, tapi belum disebutkan di atas?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis dan Tokohnya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.