5 Kiat Meningkatkan Kualitas Tulisan, Tak Hanya Membaca Buku

 


Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Kalimat yang terdengar klasik bagi para penulis. Membaca memang cara untuk meningkatkan tulisan sehingga penulis akan terbiasa menulis dan terus mengembangkannya, tetapi itu tidak menjamin kualitas tulisan akan semakin tajam. Ada beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan agar kualitas tulisan meningkat, yaitu sebagai berikut :

1. Bacaan yang berkualitas

Seperti bahan masakan yang juga menentukan enaknya masakan, bahan bacaan yang digunakan akan mempengaruhi kualitas tulisan kita. Tentunya, jika kita membaca buku yang isinya hanya cerita ringan tanpa ada keunggulan dari struktur novelnya, tidak akan memberikan kita pelajaran dalam menulis.

Berbeda apabila yang dibaca merupakan karya penulis sehebat Tere Liye, pastinya ada banyak hal bisa kita pelajari dari sana. Mulai dari gaya bahasa, pemilihan diksi, konflik yang diciptakan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kualitas tulisan kita pun akan meningkat. 

Baca juga : 5 Cara Sederhana Mengatasi Stuck Saat Menulis

2. Membuat resensi

Tak hanya memilih bacaan yang berkualitas, Sobat juga perlu menulis resensi yang memiliki banyak manfaat. Dengan menulis resensi, Sobat Writers bisa menambah wawasan, meningkatkan ketajaman berpikir, dan bisa meningkatkan kualitas tulisan. Hal ini bisa dimulai setelah menyelesaikan bacaan.

Belajarlah menuangkan pengetahuan yang sudah didapatkan ke dalam tulisan sehingga ada tantangan tersendiri. Mungkin akan sulit jika tidak benar-benar memahami apa yang dibaca. Namun, dengan meringkas, lalu menulis resensi dibutuhkan usaha mulai dari memahami isi, menilai kelemahan dan kelebihan, latar belakang, lalu menuliskannya dengan gaya bahasa sendiri. Meskipun begitu, menulis resensi membantu kita meningkatkan kualitas dengan tajam, lho.

3. Mengikuti lomba kepenulisan

Kini, banyak lomba kepenulisan berhadiah menarik dan biasanya diterbitkan dalam bentuk buku. Dalam mengikuti perlombaan seperti ini kita akan bersemangat untuk membuat tulisan yang bagus untuk memenangkan lomba tersebut. Umumnya, ada tema dan syarat tertentu yang wajib dipenuhi sehingga ini menjadi tantangan tersendiri yang membuat kita lebih banyak belajar. Apabila kamu ingin menjadi pemenang, tentunya kualitas tulisan harus bagus. Hal itulah yang membuat perlombaan menulis bisa meningkatkan kualitas tulisan. 

Baca juga : 4 Langkah Mudah dalam Menulis Artikel

4. Konsisten berlatih

Menurut Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers, orang yang ahli di bidang yang mereka geluti, ternyata sudah melakukan latihan sekurang-kurangnya 10.000 jam. Oleh karena itu, apa pun bidangnya geluti, konsisten berlatih, dan terus menyempatkan waktu untuk menekuni hobi ini terlebih dalam bidang kepenulisan. 

5. Mengikuti komunitas menulis

Tak hanya ada perlombaan menulis, tetapi juga banyak komunitas menulis yang memberikan ilmu-ilmu kepenulisan. Tak jarang, mereka pun membangun relasi untuk berbagi pengalaman menulis. Di sanalah kita akan menemui orang yang mendorong kita untuk produktif dan semangat dalam menulis.

Biasanya dalam komunitas pun akan diadakan latihan, diskusi, serta mengundang para penulis handal dan berpengalaman untuk mengajari kita. Hal inilah yang membuat kualitas tulisan meningkat, terlebih ada teman yang mendukung dan bisa diajak berjuang untuk terus berkarya.

Demikianlah 5 kiat meningkatkan tulisan secara tajam yang bisa Sobat Writers terapkan. Memang sulit untuk melakukannya, tetapi akan menyenangkan jika kamu bisa menjadikan itu tantangan serta melewatinya. Untuk menjadi penulis andal, tidak boleh ada kata menyerah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kiat Meningkatkan Kualitas Tulisan, Tak Hanya Membaca Buku"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.