10 Bahasa Gaul Tentang Ekspresi yang Masuk KBBI

 


KBBI pasti tidak asing lagu untuk penulis karena yang satu ini menjadi pedoman dalam menulis. Eits, tak hanya untuk penulis melainkan semua warga Indonesia karena di dalamnya terdapat berbagai bahasa sehari-hari kita yang sesuai kaidah. KBBI sendiri merupakan kependekan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang terus melakukan pembaruan kosakata melalui luring maupun daring.

Mengingat keragaman bahasa Indonesia dan perkembangan zaman tak heran jika begitu banyak kosakata yang bisa kita jumpai di dalamnya. KBBI sendiri mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan masyarakat, salah satunya memperkaya kosakata baru dan mengetahui ejaan bahasa yang baik sesuai kaidah. Tentunya, seiring perkembangan zaman banyak kosakata kekinian yang bermunculan, tetapi tak luput dari perhatian KBBI juga, lho! Ada beberapa ungkapan gaul yang sudah ada dalam KBBI, antara lain:

Ajib

Ajib digunakan untuk mengungkapkan rasa lezat pada makanan, kondisi baik pada suatu benda atau keahlian, atau menunjukkan rasa takjub. 

Baca juga : Banyak Kata Gaul Masuk KBBI, Begini Syaratnya!

Ambyar

Kata yang populer karena salah satu pedangdut legendaris, yaitu Almarhumah Didi Kempot. Ambyar digunakan untuk menggambarkan perasaan yang hancur-lebur hingga kehilangan konsentrasi.

Bengek

Bengek awalnya berarti sesak napas, kini berubah menjadi kiasan dalam mengekspresikan tawa yang terbahak-bahak.

Cemen

Cemen adalah singkatan dari cetek mental. Ungkapan ini juga diartikan tidak punya nyali atau takut.

Cie

Cie merupakan kata seru yang sering digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu malu.

Julid

Kata ini mempunyai arti yang sama dengan iri atau dengki terhadap orang lain, sehingga bisa berbentuk perkataan maupun tulisan.

Baca juga : Materi - Perubahan KBBI - Sastra Indonesia Org

Kepo

Kepo sering diungkapkan ketika seseorang mempunyai atau menunjukkan rasa ingin tahu berlebihan tentang urusan orang lain.

Lebai

Lebai menyatakan jika seseorang terlihat berlebihan dalam mengekspresikan dirinya.

Oalah

Oalah adalah kata seru yang dipakai untuk menunjukkan pemahaman tentang suatu hal atau peristiwa.

Songong

Kata ini merupakan ungkapan gaul dari kata sombong atau tidak tahu diri.

Demikianlah, ungkapan ekspresi yang sudah masuk KBBI sehingga kita bisa menggunakannya dalam karya tulis berupa cerita. Selain itu, tak ada salahnya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam KBBI tak hanya ungkapan gaul yang bisa masuk, melainkan banyak bahasa daerah yang sudah masuk KBBI. Nah, Sobat Writers sering menggunakan kata yang mana, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Bahasa Gaul Tentang Ekspresi yang Masuk KBBI"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.