Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Asing

 


Istilah bahasa asing sering kita dengar, bahkan lebih populer dari pada versi bahasa Indonesianya. Hal ini dilakukan tanpa sadar kita sering menggunakan istilah asing tersebut saat berbicara denagn orang lain tanpa tahu itu bukanlah bukanlah bahasa Indonesia, tetapi istilah asing.

Jika istilah asing diubah ke bahasa Indonesia disebut dengan padanan kata. Padanan sendiri dalam KBBI memiliki arti seimbang, sepadan, senilai. Jadi, padanan kata bisa diartikan suatu kondisi kata yang mempunyai keseimbangan dengan kata lain walaupun berbeda bahasa. Nah, berikut ada contoh padanan kata yang perlu Sobat ketahui!

Baca juga : Banyak Kata Gaul Masuk KBBI, Begini Syaratnya!

1. Podcast (Siniar)

Tentunya Sobat sering melihat podcast di Youtube yang dibawakan artis terkenal, di mana mereka melakukan kegiatan wawancara tentang hal yang sedang viral. Podcast sendiri berasal dari bahasa asing yang berarti berita/musik yang dibuat dalam format video maupun audio. Sehingga podcast dalam bahasa Indonesia berarti siniar.

2. Penthouse (Griya tawang)

Istilah ini tidak asing, pernah mendengarnya saat menonton drama Korea berjudul ‘Two World’ yang menyebutkan griya tawang. Pasalnya saya melihat drama ini dengan terjemahan bahasa Indonesia, awalnya merasa kosakata ini unik ternyata ada di KBBI. Selain itu, saat melihat film ‘Layangan Putus’ adegan di mana Lidya dibelikan sebuah penthouse seharga 5 Miliar. Nah, penthouse sendiri merupakan sebuah unit mewah yang letaknya berada di lantai atas apartemen di mana terdapat tingkat privasi paling tinggi dan paling mewah di sebuah apartemen. Griya tawang merupakan padanan kata penthouse, lho!

3. Drive Thru (Lantatur/layanan tanpa turun)

Untuk Sobat yang malas gerak untuk masuk ke tempat makan pasti tidak asing dengan layanan Drive Thru. Drive Thru merupakan layanan tanpa turun atau disingkat lantatur, ini merupakan layanan yang disediakan untuk efisiensi pengendara di jalan.

Baca juga : Materi - Perubahan KBBI - Sastra Indonesia Org

4. Caption (Takarir/Tulisan di bawah karikatur)

Pastinya kata ini sudah sering disebutkan setiap harinya terlebih di dalam media sosial rasanya tidak lengkap tanpa kata satu ini. Nah, caption ini merupakan istilah asing yang dalam KBBI adalah takarir (tulisan di bawah karikatur).

5. E-commerce (Niaga elektronik)

Dalam pesatnya perkembangan online shop seperti Shopee, Lazada, OLX, dan lain-lain istilah E-commerce sering muncul. E-commerce sendiri sekarang sangat menjanjikan di dunia digital karena tidak membutuhkan tempat langsung serta mudah membuatnya. Istilah asing ini memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia, yaitu niaga elektronik.

6. LRT/Light Rail Transit (Lintas Raya Terpadu)

Perkembangan LRT kini semakin cepat di Jakarta serta mempercepat arus transportasi Jakarta. LRT berguna untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Istilah ini lebih sering dikenal dengan singkatannya yang tetap mewakili padanan katanya dalam bahasa Indonesia, yaitu Lintas Raya Terpadu (LRT).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Asing"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.