5 Tips Mengatasi Kesalahan Menulis agar Tulisan Semakin Rapi

 


Tipo menjadi masalah untuk sebagian besar penulis tak hanya karena tangan atau mata yang sering salah, tetapi laptop maupun HP sering ikut menjadi penyebab kesalahan pengetikan. Ya, tipo sendiri bisa merusak makna tulisan sehingga akan ada cacat saat dibaca. Nah, untuk yang keyboard-nya menggunakan kamus otomatis bisa dimatikan terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan.

Nah, kebiasaan kesalahan mengetikmu bisa diatasi dengan tips berikut, kepoin, yuk! Jika diterapkan dengan benar, tips ini bisa membantumu menghindari kesalahan ketik dan agar tulisan rapi saat dibaca. Berikut 5 tips untuk mengatasi kesalahan menulis :

Baca juga : Kesalahan dalam Dialog yang Sering Dilakukan Penulis Pemula

1. Matikan kamus otomatis

Gawai menjadi pilihan yang praktis dalam menulis, tetapi tak jarang yang mengaktifkan kamus otomatis. Dalam keadaan ini, saat menulis di ponsel akan dikoreksi secara langsung oleh kamus otomatis, tetapi tak semuanya sesuai dengan kata yang akan ditulis. Oleh karena itu, pastikan kamus otomatis dalam keadaan mati saat mengetik. Fitur ini bisa memiliki banyak manfaat, tetapi demi menghindari kesalahan pengetikan ada baiknya tidak dinyalakan.

2. Mempelajari kata yang sering salah ketik

Pasti dalam menulis ada kosakata yang sering didengar sehingga peluang terjadinya tipo atau kesalahan menulis rendah. Namun, jika mengetik kata yang baru atau jarang didengar, Sobat pasti kesulitan karena jari-jarimu perlu dilatih untuk mengetik kata asing. Oleh karena itu, Sobat perlu berlatih merangkai kata tersebut menjadi kalimat agar terbiasa.

Baca juga : 5 Cara Menyikapi Kegagalan - Ristiyanti

3. Gunakan tools

Ada web pemeriksa tipo online yang bisa membantu Sobat mengoreksi kesalahan mengetik dengan mudah. Ya, tingga memasukkan kalimat yang ingin diperiksa kesalahannya atau langsung memasukkan dokumen agar tulisan yang terdapat di dalam bisa diperiksa secara otomatis.

4. Menatap layar saat mengetik

Buat yang sering bekerja di depan laptop pasti tahu bagaimana rasanya, walau agak jenuh tetapi itu cukup membnatu bukan? Ya, sebagian akan merasa nyaman menatap keyboard saat mengetik, dan biasanya ini karena belum lihai menari di atas keyboard. Faktanya, menatap layar lebih efektif untuk menghindari kesalahan pengetikan. Nah, Sobat bisa menghapal letak huruf dan angka di keyboard sehingga jari-jarimu lancar menari di atas keyboard dan mata bisa mengawasi layar.

5. Membaca ulang tulisan menggunakan suara bukan dalam hati

Baca juga : Menurut Perkembangan Zaman, Berikut 5 Alat Menulis!

Terakhir, tetapi tak kalah penting untuk menghindari kesalahan ketik adalah membaca ulang. Sering kali orang membaca ulang dalam hati saja yang terkadang terasa benar walau sebenarnya ada kesalahan, terlebih jika membacanya secara cepat, hati akan langsung mengirim sinyal ke otak jika semuanya sudah sesuai. Oleh karena usahakan untuk merapalkan tulisan Sobat dengan suara agar mengetahui kesalahannya.

Bagi penulis kesalahan mengetik bukanlah hal remeh karena bisa memengaruhi profesi sebagai penulis sehingga dibutuhkan ketelitian tinggi dalam mengetik. Nah, dari beberapa solusi mengetik di atas, mana yang akan Sobat terapkan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mengatasi Kesalahan Menulis agar Tulisan Semakin Rapi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.