5 Cara Menyikapi Kegagalan - Ristiyanti





Di dunia ini ada banyak hal yang saling berkaitan. Salah satunya kesuksesan dan kegagalan. Untuk bisa sukses pasti memerlukan peranan dari kegagalan. Gagal itu rasanya pahit, menyakitkan, dan membuat frustasi. Di sisi lain kegagalan adalah jalan menuju pintu kesuksesan. Kamu galau karena selalu gagal? Cobalah cara menyikapi kegagalan berikut ini:

1. Mencermati Kesalahan
Apa yang membuat kamu gagal? Kamu harus tahu jawaban dari pertanyaan di atas. Jika kamu tahu letak kesalahan itu di mana, coba sekarang kamu renungkan. Kamu ubah kesalahan itu menjadi pembelajaran. Bukankah pepatah mengatakan "Jangan Mengulang Kesalahan Yang Sama." Setelah kamu mengerti letak kesalahan kamu di mana, mulai detik ini kamu perbaiki itu semua.

2. Mungkin Belum Rezeki
Kegagalan itu hal yang biasa. Terkadang kita ditakdirkan gagal pada rencana A karena Tuhan telah mempersiapkan rencana yang lebih baik dari yang kamu rencanakan. Bisa jadi alasan kamu mengalami kegagalan bukan karena kamu payah, tapi karena Tuhan telah mempersiapkan yang jauh lebih baik dari itu. Bersabarlah, mungkin belum rezeki.

3. Berpikir Positif 
Tahukah kamu, pikiran positif dapat mengubah gaya hidup kamu? Pikiran positif tidak akan membuat hidupmu berantakan. Hanya dengan berpikir positif kamu bisa mempengaruhi cara bertindak. Berpikir positif dalam menyikapi kegagalan berarti harus berusaha lagi dan lagi diiringi dengan optimisme yang tinggi.



4. Jangan Pernah Menyerah
Kamu tahu Colonel Sanders? Siapa lagi kalau bukan penggagas waralaba KFC yang sekarang booming. Beliau pernah di tolak 1009 kali ketika usianya 65 tahun. Namun dengan kegigihan beliau yang pantang menyerah, akhirnya saat ini KFC telah memiliki lebih dari 18 ribu outlet tersebar di 120 negara, termasuk Indonesia dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika pertahunnya. Fantastis bukan? Kamu baru gagal sekali dua kali sudah mau angkat tangan? Jangan sampai ya.

5. Berdoa Pada Yang Maha Kuasa
Setelah berusaha, kita serahkan segalanya kepada Yang Maha Kuasa. Semua terjadi atas kehendak-Nya. Jika kamu gagal dalam mencapai suatu tujuan, jangan berhenti berdoa. Dekatkan dirimu pada-Nya. Karena kekuatan doa itu begitu besar. Mintalah petunjuk pada Yang Maha Kuasa.

Nah itu dia cara menyikapi suatu kegagalan. Yang terpenting kamu jangan merasa payah, tak berguna, dan frustasi. Hidup itu untuk mengalahkan frustasi bukan mengalihkan mimpi. Teruslah berusaha dan berdoa ya.



Biodata Penulis : 


Nama saya Ristiyanti. Lahir di Kendal, 11 Desember 1997 sekarang berumur 19 Tahun. Hobi saya mendengarkan musik, bernyanyi dan menulis. Saya penyuka seni dan saya suka menulis di manapun dan kapanpun. Saya baru mempunyai blog di domain www.ristiyantimedis.blogspot.com alhamdulillah tulisan saya banyak direspon oleh pembaca via akun sosmed saya. Saya juga suka membuat quote di instagram saya @Rys.t dan akun facebooksaya Rishty112@ovi.com. Dulu semasa sekolah saya sering menulis, kata teman-teman dan guru-guru saya tulisan saya bermakna. Saya selalu mencoba mengirimkan tulisan saya kepada redaksi. Ada yang gagal ada yang berhasil bagi saya itu sudah biasa. Terakhir saya menulis artikel di Popbela.com bertemakan single. Saya ingin terus berkarya dan berperan dalam dunia sastra.


Ingin karyamu dimuat di sastraindonesia.org? Kirimkan karyamu ke sastraindonesiaorg@gmail.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menyikapi Kegagalan - Ristiyanti"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.