Cara Membuat Karakter Cerita Menjadi Lebih Nyata

 


Hai Sobat Writers, dalam penulis cerita pastinya ingin membuat tokoh dengan karakter yang baik sehingga pembaca bisa masuk dalam suasana cerita dan merasakan apa yang terjada pada tokoh. Sulit membuat cerita terasa hidup apalagi karakter di dalamnya, tak heran jika banyak dari kita yang merasa karakter toko tidak begitu kuat. Terlebih dalam cerita fantasi, di mana penulis harus bisa menciptakan tokoh yang sesuai dengan cerita.

Adanya karakter yang nyata akan membuat pembaca sangat menggemari cerita, bahkan peduli dengan alurnya. Karakter tokohlah yang menentukan pembaca akan terhanyut dalam cerita atau tidak. Nah, dalam membuat karakter cerita yang lebih nyata dan kuat ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan, yaitu :

Baca juga : Materi Pentingnya Konsistensi Karakter/Tokoh

1. Menggambarkan tokoh

Menggambarkan tokoh menjadi hal yang sangat penting karena bisa membuat pembaca membayangkan gambaran fisik tokoh tersebut. Dalam hal ini, penulis harus menuliskan secara detail tinggi, berat bada, usia, sampai karakter apa yang diinginkan tidak hanya menganggapnya wanita berhijab. Nama tokoh, profesi, dan karier tokoh pun sangat dibutuhkan, terutama ciri khasnya. Tentunya, penulis perlu riset dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat tokoh lebih nyata.

2. Bayangkan kamu adalah si tokoh

Berimajinasi jika dirimu adalah tokoh yang akan ditulis akan membuat karakter tokoh terasa hidup. Cukup mudah bukan? Tuliskan cara Sobat Writers berbicara, ekspresi wajah saat menanggapi orang lain, dan lainnya bisa langsung dideskripsikan melalui tulisan.

Baca juga : Tips Menulis Cerita Misteri” bersama Kak Yudith

3. Karakter layaknya manusia biasa

Ya, manusia biasa mempunyai keinginan, ambisi, tujuan, amarah, sedih, atau rasa bahagia. Begitu pun tokoh harus masuk akal layaknya manusia biasa, kecuali tokoh cerita fantasi, ya!

4. Memperdalam wawasan dengan ilmu psikologi

Tentunya, penulis perlu memahami ilmu psikologi untuk membahas tipe dan karakter tokoh serta bagaimana cara mereka menghadapi masalah hingga menyelesaikannya. Sebab, ini akan membuat karakter tokoh lebih kuat dan cerita terasa lebih hidup.

5. Mencintai tokoh di dalamnya

Terakhir, tetapi tak kalah penting karena jika penulis bisa mencintai tokohnya, yang dituliskan akan lebih hidup dan bisa dinikmati. Berbeda, jika penulis belum mencintai tokohnya, maka akan sulit terbawa suasana dalam cerita dengan baik.

Nah, itulah 5 hal yang perlu dilakukan untuk membuat karakter tokoh dalam ceritamu lebih kuat dan nyata. Hemm, pasti mudah dong apalagi kalau cerita tersebut menceritakan sosok penulis sendiri sebagai salah satu tokohnya atau seseorang yang dikagumi? Hayoo, dalam memilih karakter tokoh kamu terinspirasi dari mana, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Karakter Cerita Menjadi Lebih Nyata"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.