Tips Agar Tetap Konsisten Menulis

 


Hai Sobat Literasi, rutin menulis setiap hari pasti keinginan penulis, apalagi bisa produktif menghasilkan karya setiap harinya. Untuk beberapa orang menulis jugalah sebuah keharusan, ya, seperti penulis artikel dan content writer. Namun, itu tak mengurangi kemalasan menulis hingga tidak konsisten dan melahirkan berbagai alasan. Menulis sendiri merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran atau gagasan ke dalam kata-kata sehingga bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain.

Namun, seorang penulis mempunyai cara yang beragam untuk menghilangkan bosan dan lelahnya saat menulis. Ada yang mencari suasana menenangkan, mendengarkan musikk, dan lainnya. Sedangkan orang yang berprofesi sebagai penulis diharuskan membuat tulisan yang menarik pembaca, tetapi ada yang masih bingung bagaimana cara konsisten menulis. Nah, buat Sobat Literasi yang ingin konsisten menulis maupun yang diharuskan menulis berikut tips untuk kalian :

1. Mengingat kembali niat awal menulis

Tentunya, Sobat perlu mempunyai tujuan awal dalam bidang menulis yang akan membuat Sobat lebih bersemangat untuk selalu mengembangkan tulisan. Oleh karena itu, buatlah tujuan menuliss sesuai dengan keinginan pribadimu, misalnya Sobat mempunyai platform menulis dan ingin mendapatkan banyak pembaca. Nah, Sobat harus mulai menentukan tujuan menulis dan senantiasa mengingatnya saat malas menulis.

Baca juga : Konsisten Menulis dengan Menyusun Outline Cerita

2. Mendisiplinkan diri

Tak beda jauh dari sistem pendidikan maupun kehidupan sehari-hari yang masih menggaungkan kata disiplin. Disiplin sendiri bertujuan untuk menata hidup kita dan melatih diri menjadi lebih baik. Nah, penulis tidak boleh kalah dengan suasana hati yang suka memburuk secara tiba-tiba, solusinya perbaiki mood. Begitu pun dengan malas, Sobat harus mengusirnya dengan mengingat kembali tujuan awal menulis. 

Mulai sekarang atur waktu untuk menulis, semisal satu jam satu hari di waktu yang menurut Sobat ada inspirasi dan luang. Nah, dengan rutin melakukannya Sobat akan semakin terbiasa dan fokus sehingga tulisan pun mengalami peningkatan dari hari demi hari. Jika bagi Sobat itu sulit, coba mengikuti tantangan atau kelas menulis yang sering diadakan oleh berbagai komunitas menulis.

3. Seimbangkan dengan membaca 

Seperti kata orang, awali menulis dari membaca karena tanpa sumber bacaan menulis itu bohong. Membaca sendiri membantu kita menemukan banyak kosakata, memberi pengetahuan, mempelajari gaya bahasa, dan lainnya. Membaca pun tidak harus buku, banyak media lainnya seperti internet, koran, majalah, hingga berita di televisi. Membaca juga membantu kita mempertajam memori otak dan memahami lebih banyak hal. Hal ini akan membuat tulisan kita lebih berbobot karena sudah memahami masalah dan memberikan konteks konklusinya. Penulis pun butuh riset untuk memastikan dalam cerita yang ditulis sesuai dengan kenyataan atau tidak aneh dan terkesan mengada-ngada.

4. Memperbanyak referensi

Dari membaca karya orang lain kita bisa memperkaya tulisan kita. Ya, tak hanya menemukan bahan bacaan, tetapi kita juga menemukan tempat baru untuk menyegarkan otak. Memperbanyak referensi juga bisa menjadi motivasi untuk kita menulis, bahkan membantu kita memahami lebih dalam karakter cerita. Memperdalam karakter cerita pun penting untuk membuat cerita terasa lebih hidup sehingga pembaca akan merasakan apa yang kita tuliskan sebab tulisan kita menyuguhkan cerita sesuai keadaan yang sesungguhnya.

Baca juga : Tips Membangkitkan Mood Menulis

5. Berlatih menulis lepas

Eits, sebelum ke berlatih menulis lepas Sobat perlu berlatih membiasakan menulis seakan berbicara. Ya, yang sering berimajinasi pasti jago berperang dengan isi kepala. Nah, Sobat bisa mencoba menuliskan apa yang terlintas di pikiran seakan sedang berbicara dengan seseorang, seperti mencurahkan isi hati. Setelah tuntas menuliskan apa yang ada di kepala, bacalah kembali dan ubah ke dalam bahasa tulisan.

Nah, saat menulis sendiri hindari mengedit tulisan karena hal ini hanya akan membuang waktu dan menghambat proses menulismu. Sebaiknya menuliskan segala isi pikiran terlebih dahulu, lalu edit saat semua isi pikiran telah tercurahkan. Inilah yang akan membuatmu lebih fokus menulis. Untuk lebih fokus menulis, jauhkan juga ponsel yang membuat Sobat terus ingin membuka media sosial. Ada baiknya Sobat mencari tempat paling nyaman saat menulis.

Berlatih menulis lepas bertujuan untuk membuat Sobat lebih fokus menyelesaikan tulisan, Sobat bisa mulai menuliskan apapun yang terlihat dengan mendeskripsikannya secara detail. Hal ini membantu melatih diri menjadi kreatif dalam menggunakan diksi dan terbiasa mengungkapkan apa yang ada di dalam kepala. Terakhir, jika kamu penulis jangan pernah bosan menulis, mau bagaimana lagi menjadi penulis kalau tidak menulis? Tidak ada cara lain, mulailah menulis!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Tetap Konsisten Menulis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.