5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menarik Perhatian Pembaca

 


Hai Sobat Literasi, mendapatkan banyak pembaca pasti menjadi keinginan semua penulis. Menyajikan cerita yang menarik minat pembaca pun sudah menjadi kewajiban untuk penulis. Terlebih untuk penulis platform Wattpad, penulis novel, maupun cerita pendek perlu menulisnya semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca dan mampu membuat penerbit melirik naskahmu. Tak hanya ingin memiliki banyak pembaca, tentunya penulis ingin memeluk karyanya dalam bentuk buku.

Nah, untuk penulis novel pun penting membuat tulisan yang menarik agar banyak yang membeli bukunya di pasaran. Begitu pun penulis platform, penulis lepas, dan lainnya perlu memperhatikan 5 hal ini untuk memikat pembaca agar tertarik dengan cerita kita dan mau membacanya sampai selesai. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan untuk menarik perhatian pembaca :

1. Judul 

Baca juga : Judul Buku yang Menggebrak Pembaca

Judul adalah nama yang digunakan buku atau bab dalam buku yang bisa menyiratkan isi atau maksud buku atau bab tersebut secara singkat. Berada di urutan pertama, judul berfungsi menarik perhatian pembaca. Dari semua tulisan pasti yang dibaca pertama adalah judul, tak ada orang yang membaca isi cerita tanpa membaca judulnya terlebih dulu. Dengan sekilas membaca judul, pembaca akan memutuskan melanjutkan membaca isinya. 

Oleh karena itu, judul dari tulisanmu harus menarik untuk membuat pembaca memutuskan melanjutkan membaca karyamu. Ingat juga, isi karya yang bagus tanpa judul yang menarik akan mengurangi minat baca seseorang, begitu pula judul yang menarik tetapi tulisannya tidak bermutu akan membuat pembaca kecewa.

2. Cover

"Don't judge a book by it's cover."

Pepatah yang membuat desain cover tersenyum karena sudah membuat sampul buku sedemikian rupa. Bagaimana pun untuk menarik orang membaca isi buku kita memerlukan cover yang menarik. Jika cover saja tidak menarik mana mungkin oraang mau membaca isinya. Cover buku sendiri mengandung makna filosofis yang mencerminkan isi buku, dengan kata lain cover menjadi penentu buku akan dibaca atau tidak. 

Baca juga :  Pemilihan Opening yang Berpengaruh Pada Pembaca

3. Opening

Opening atau pembuka menjadi titik paling krusial yang membuat cerita menarik pembaca. Dalam membuat cerpen atau novel, opening menjadi hal paling penting yang mempunyai keistimewaan daripada yang lainnya. Opening harus bisa membangkitkan rasa penasaran pembaca agar mereka membacanya sampai habis, oleh karena itu opening berperan penting dalam menarik perhatian pembaca. Opening yang luar biasa, tidak bertele-tele, mengejutkan, dan mengundang rasa penasaran tidak bertele-tele dan hanya basa-basi yang membuat pembaca merasa jenuh membacanya.

4. Isi cerita

Isi cerita menjadi poin penting bagi para pembaca untuk memutuskan bertahan atau pergi dari cerita yang Sobat buat. Pembaca akan lebih tertarik pada isi cerita yang tidak biasa, menarik, dan berbeda dengan yang lain. Terlebih, jika penulisan rapi pembaca pun akan bertahan membaca cerita sampai akhir.

5. Penulisan

Terakhir, tetapi tak kalah penting. Penulisan cerita yang sesuai dengan PUEBI dan EYD sangat disarankan oleh editor, karena penulisan yang rapi mencerminkan cerita yang rapi pula. Berbeda dengan penulisan yang disingkat-singkat dan berantakan, tanda baca salah pastinya menyakiti mata dan membuat orang kesulitan membacanya. Berbeda jika kepenulisan rapi dan baik, pembaca akan nyaman untuk melanjutkan membaca sampai akhir. Tak jarang pembaca melihat penulisannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membacanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menarik Perhatian Pembaca"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.