5 Pilihan Pekerjaan yang Cocok untuk Karier Menulismu

 


Hai Sobat Literasi, di era digital seperti ini masih banyak orang yang menilai hobi menulis tidak ada gunanya. Ya, untuk apa menulis? Apa bisa mendapatkan uang? Masih banyak lagi hal yang dipertanyakan kepada penulis seakan tidak ada masa depan untuk orang yang hobinya hanya menulis. Kebanyakan penulis merupakan tipe introvert yang jarang bergaul, bahkan terbilang sering di kamar sehingga banyak yang berpendapat jika tidak ada gunanya menjadi penulis.

Nah, salah besar nih karena di era digital seperti bakat menulis sangat dibutuhkan. Terlebih hampir semua orang memilih internet maupun sosial media untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Sehingga, banyak peluang mencoba beberapa profesi terkait dengan kepenulisan dan pekerjaan tulis menulis semakin beragam. Ya, dari hobi menulis Sobat bisa memiliki karier yang cemerlang seperti pekerjaan berikut ini:

Pekerjaan yang Cocok untuk Karier Penulis

Baca juga : Aplikasi Webnovel Penghasil Uang

1. Novelis

Jika Sobat hobi berimajinasi dan berkreasi dengan ide yang unik, menulis cerita fiksi tidak ada salahnya. Dalam hal ini, Sobat bisa mengembangkan alur cerita untuk menarik pembaca agar membaca cerita Sobat dari awal sampai akhir. Apalagi sekarang Sobat bisa menjadi novelis dengan berbagai jalan dan mudahnya. Salah satunya dengan mengunggah hasil cerita di platform menulis online, dari sini cerita Sobat bisa dilirik pembaca dan penerbit. 

2. Editor

Editor adalah istilah untuk penyunting naskah yang memahami aturan ejaan yang baik dan benar. Nah, di era digital di mana komunitas hingga penerbitan begitu banyak pastinya membutuhkan editor atau Sobat bisa menjadi editor di penerbitan yang diinginkan. 

3. Jurnalis

Sobat pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini, istilah untuk seseorang yang bekerja menulis laporan secara objektif lalu mengirimkannya untuk dimuat di media massa seperti internet, majalah, koran, dan televisi. Namun, jurnalis harus menyuguhkan informasi sesuai fakta di lapangan agar masyarakat mengetahui kebenaran dan permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Tentunya, ini sulit untuk Sobat yang memiliki bakat sebagai jurnalis, tetapi Sobat bisa belajar dari teman jurnalis yang profesional dengan memperluas relasi dan mencari ilmu.

Baca juga : Cara Membangun Personal Branding dalam Menulis

4. Blogger atau Reviewer

Blogger merupakan sebutan untuk orang yang menulis di blog, di mana Sobat bisa menulis artikel dan sharing lainnya di sana. Sobat perlu menulis berbagai pembahasan menarik di blog untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan ini didapat dari iklan yang masuk untuk ditampilkan di halaman blog. Blogger pun juga bisa menjadi reviewer secara online, yaitu bekerja menulis review untuk mengiklankan sesuatu. Dari sana, reviewer akan mendapatkan pengalaman baru dari mencoba produk dari klien, yang bisa berupa jasa kecantikan, makanan, hotel, dan lainnya.

5. Content Writer

Content Writer bertugas merancang strategi konten melalui berbagai media untuk dipromosikan. Biasanya content writer bekerja membuat konten di media sosial, membuat artikel, membuat deskripsi produk, sampai membantu strategi SEO. Sebagai Content Writer, Sobat perlu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, lalu mengulasnya dengan gaya bahasa yang menarik serta baik dan benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Pilihan Pekerjaan yang Cocok untuk Karier Menulismu"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.