Aplikasi Webnovel Penghasil Uang


 

Menulis sudah menjadi hobi yang banyak digemari oleh remaja karena mudahnya akses dalam segala hal sekaligus mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun. Pasti banyak dong yang suka menulis apalagi sekarang banyak aplikasi web novel yang menjadi wadah berkarya. Apa sih web novel itu? Web novel merupakan novel yang berbasis web, yaitu novel yang ditulis atau di-publish di dalam jaringan situs online. Selain itu, dunia menulis sangat luas terlebih sudah banyak grup yang terbentuk untuk mengasa bakat dan minat dalam menulis.

Pada dasarnya menulis memanglah hal yang mudah dilakukan di antara aktivitas yang kita lakukan, selain itu menulis juga bisa menjadi terapi psikologi untuk diri. Mengungkapkan perasaan lewat tulisan tidak lagi sulit, bahkan setelah melakukannya ada rasa bahagia dan lega tersendiri. Tak heran kalau menulis banyak digemari oleh kalangan remaja untuk sekadar mengisi luang waktu dan berimajinasi.

Terlebih di saat pandemi seperti ini yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bahkan mengurung diri di kamar. Nah, pasti butuh banget kegiatan yang menyenangkan dan menghibur sekaligus bermanfaat untuk kita. Kalian harus tahu sudah ada lho aplikasi menulis yang menghasilkan uang? Menulis memanglah hobi yang membuat kita bahagia, tetapi terkadang juga ada keinginan cerita atau karya itu dibaca. Pastinya juga ingin karyanya diterbitkan dong.

Hemm, tetapi di masa seperti sekarang ini sulit untuk mencari pembaca apalagi berharap karya diterbitkan. Tidak berguna sekali menulis di situasi seperti ini, sering kali menyerah karena taka da keuntungan dari menulis karya, lelah setiap hari menulis cerita, tetapi gitu-gitu aja. Yuk, coba aplikasi web novel ini!

Baca juga: Tips Membangkitkan Mood Menulis

        1.      Novel me



Novel Me adalah salah satu platform online untuk membaca novel maupun menulis. Project Manager Novel Me, Aji mengaku bahwa perkembangan aplikasi tersebut meningkat pesat dalam kurun waktu setahun. Bahkan jumlah pembaca juga semakin meningkat. Awalnya platform ini gratis, tapi pada 19 Juli 2019 mulai mengunci novel-novel favorit. “Pembaca diminta untuk membeli koin agar bisa membuka bab yang berbayar, senilai Rp100 untuk setiap bab”, ujar Aji.

Andrei, Editor dari Novel Me mengatakan bahwa,” Dengan platform novel online Novel Me, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis. Namun kami menganggap ini masih tidak sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan, Itulah sebabnya kami menetapkan bab-bab berbayar. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan penghasilan tambahan kepada para penulis.” Hal ini bukan hanya untuk mencari keuntungan semata, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia. Agar penulis dapat memiliki penghasilan tetap.

        2.      KBM App



KBM App adalah pengembangan dari grup Komunitas Bisa Penulis, grup menulis terbesar di Facebook. KBM App adalah ajang untuk menyalurkan ekspresi dan cerita melalui tulisan, juga tempat kamu membaca berbagai karya menghibur, mendidik, mencerahkan, dan inspiratif. Bukan sekadar menyalurkan hobi, buat penulis dan pembaca, tersedia hadiah yang kamu bisa dapatkan jika kamu menjadi penulis atau pembaca paling produktif di aplikasi ini. Di aplikasi ini kamu bebas berkarya dan membangun jaringan sebanyak-banyaknya. Semakin banyak follower semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Penulis bisa mendapatkan koin, royalti, badges, dan dapat menjual e-book, buku hardcopy, mempunyai drop shipper, mencetak buku, dan kalau masih ada fasilitas yang kurang silakan usulkan ke developer.

        3.      Joylada



Joylada adalah aplikasi novel chat pertama di Indonesia. Uniknya, Joylada menyediakan cerita dalam bentuk chat. Untuk mendapat penghasilan, kamu tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Setelah itu, kamu bisa login dengan Facebook ataupun membuat akun baru. Lalu, mengikuti petunjuk dalam pembuatan akun, dan setelah mengisi semua data, maka kamu bisa langsung memuat cerita kamu.

Baca juga: Memulai Karier Menulis Melalui Platform Online

        4.      Dreame



Dreame adalah salah satu aplikasi untuk membaca yang mirip dengan Wattpad. Di dalamnya banyak menyajikan cerita-cerita gratis dan berbayar yang dapat kamu baca. Kamu juga bisa mendapatkan koin dengan cara harus mempunyai cerita yang akan dikirim di Dreame. Kamu bisa memilih jalur yang kamu inginkan. Mempunyai viewers Wattpad minimal 100K. Jalur ini akan lebih memudahkan kamu untuk bisa langsung tanda tangan kontrak dengan pihak Dreame.

Seleksi naskah. Jalur ini bisa dipilih ketika kamu tidak mempunyai viewers. Proses ini berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan. Mengumpulkan Love atau Like. Di Dreame akan ada tombol love. Jadi, kamu harus mengumpulkan orang-orang untuk membaca ceritamu. Dengan banyaknya pembaca yang menyukai cerita kamu ataupun memasukkannya ke dalam library yang akan dibaca, maka kamu juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan koin.

        5.      Noveltoon



Noveltoon juga salah satu platform menulis online yang penggunanya sudah jutaan. Untuk membuat cerita, kamu tinggal mendaftar di aplikasi ini. Untuk mendapatkan reward, kamu harus rajin membuat cerita yang menarik agar peminat pembaca melihat ceritamu. Semakin banyak peminat, maka karyamu akan mendapat reward. Jika karyamu tembus 30 ribu kata, kamu bisa mengajukan tanda tangan kontrak untuk mendapatkan penghasilan.

Baca juga: 3 Tips Penting Membuat Tulisan agar Menarik

        6.      Storial



Storial.co merupakan salah satu online platform untuk  menulis ataupun membaca novel online. Di samping itu, juga kamu bisa berkolaborasi dengan penulis lain dalam satu buku. Jadi kamu tidak perlu bingung untuk mencari inspirasi. Kamu tinggal berdiskusi dengan komunitas di Storial. Storial juga bekerja sama dengan nulisbuku.com dalam menerbitkan karya-karya penulis yang ada di platform ini. Kamu bisa dapat royalti dengan minimum pembaca 500.

Para pendiri Storial yaitu Brillian Yotenege, Steve Wirawan, dan Aulia Halimatussadiah menyebut platform tersebut sebagai “social story telling platform”, di mana penulis dapat mengunggah karya mereka seperti puisi, cerpen, novel, atau naskah nonfiksi dan dapat berinteraksi dengan pembacanya.

Untuk mengirim tulisan yang akan publikasikan, kamu tinggal mendaftar dan mengikuti petunjuk yang ada. Untuk mendapatkan uang, Steve beserta kawan-kawannya membuat fitur seperti Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial wallet atau dompet digital. Dengan Storial Wallet, pembaca dapat mengatur uang digital (Storial Coin) yang digunakan untuk membaca tulisan berbayar. Koin inilah yang nantinya akan menjadi royalti bagi para penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Webnovel Penghasil Uang"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.