3 Tips Penting Membuat Tulisan Agar Menarik

 

Secara kasat mata, tulisan adalah serangkaian kata yang disatukan menjadi kalimat dan paragraf. Namun, makna tulisan tidak sesedrhana itu lho. Tulisan bukan hanya berisi rangkaian kalimat, tetapi juga menyangkut isi di dalam tulisan itu sendiri. Menarik atau tidaknya suatu tulisan bisa dilihat kalau tulisan itu sudah selesai dibaca. Bisa jadi tulisan itu penuh kejutan, menarik, membosankan, menyedihkan, dan beberapa kesan lainnya.

Baca juga: Cara Menikmati Kegiatan Menulis

Saat kita menulis, tentunya kita ingin tulisan kita menarik dan banyak pembacanya. Di sisi lain kita juga bingung seperti apa sih kriteria tulisan yang menarik dan gimana caranya biar tulisan kita ini menarik buat dibaca. Nah ini penting, untuk membuat tulisan agar menarik ternyata butuh tips lho. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak tips penting menulis yang satu ini.

1. Buat Judul yang Unik

Sebelum membaca isi tulisan secara keseluruhan, yang pertama kali dilirik oleh pembaca pasti judulnya. Memang nggak salah karena fungsi judul adalah menggambarkan apa yang menjadi isi dari suatu tulisan. Agar calon pembaca tertarik untuk membaca tulisanmu, buatlah judul yang unik serta menarik, dan yang pasti harus tetap sesuai dengan isi di dalam tulisanmu. Kalau kamu berhasil membuat judul yang unik, kemungkinan pembaca untuk membaca isi tulisanmu secara keseluruhan akan lebih besar.

Baca juga: Empat Hal yang Diperlukan Sebelum Menulis

2. Tentukan Alur Tulisan

Tips penting selanjutnya adalah tentukan alur tulisanmu. Jangan sampai tulisanmu terkesan berbelit-belit atau loncat sana loncat sini yang bisa membingungkan pembaca. Pastikan tulisanmu tersusun dengan baik sehingga nyaman dibaca dan gampang buat dipahami.

3. Gunakan Diksi yang Sesuai

Tips penting ayng terakhir adalah penggunaan diksi yang tepat. Diksi adalah pilihan kata untuk menggambarkan isi dari sebuah tulisan. Diksi sangat penting untuk mengungkapkan gagasan dan juga mengungkapkan gaya bahasa yang digunakan oleh penulis. Penggunaan diksi yang tepat juga akan meminimalisir terjadinya makna ganda. Diksi yang sesuai dengan isi dan suasana dalam tulisan, maka tulisanmu akan menjadi lebih nyaman dan indah untuk dibaca.  

Baca juga: Berani Melakukan Eksperimen Kata

Itulah 3 tips penting agar tulisanmu menarik. Selamat mencoba, jangan lupa share pengalaman menulismu di kolom komentar ya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Penting Membuat Tulisan Agar Menarik"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.