Mengenal Jenis-Jenis Prosa Baru

Hayo siapa yang suka baca prosa, atau mungkin suka baca tapi nggan tau kalau yang dibaca itu namanya prosa? Nah apa sih prosa itu, prosa adalah cerita rekaan yang menjelaskan segala sesuatunya dengan gamblang. Prosa berisi ungkapan kehidupan yang dipadukan dengan imajinasi serta kreativitas pengarang atau penulis. Di samping itu juga didukung oleh pengalaman atau pengamatan sang penulis itu sendiri. Karya prosa biasanya bahasanya terurai dan bisa memperluas pengetahuan imajinatif bagi pembacanya. Prosa bersumber dari lingkungantempat di mana sang pengarang itu hidup. Jadi pengarang bisa mengamati, mengalami, melihat, dan mendengar apa yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Strategi Belajar Bahasa Ala Hilda Taba

Prosa dibedakan menjadi prosa baru dan lama. Nah prosa baru dan lama masih dibagi ke dalam beberapa jenis lagi lho. Nah kali ini kita coba kenalan sama prosa baru dulu ya. Apa aja sih jenis dari prosa baru itu, yuk kita simak sama-sama.

1. Roman

Roman merupakan karya prosa yang ditulis dalam bahasa Romania. Pada abad ke-13 Roman merupakan karya yang menceritakan tentang kisah petualangan dan asmara. Seiring berkembangnya waktu, Roman mengisahkan tentang peristiwa dan pengalaman beberapa tokoh pada suatu masa tertentu. Di Indonesia sendiri roman banyak ditulis pada awal abad ke-20.

2. Novel

Novel merupakan karya prosa yang mengisahkan tentang kehidupan manusia di mana di dalamnya ada konflik yang menjadi nyawa dalam cerita itu sendiri. Novel memiliki tokoh utama dan figuran serta rangkaian peristiwanya terikat alur. Ada 6 jenis novel menurut temanya yaitu kedaerahan, psikologi, sosial, gotik, sejarah, dan populer.

Baca juga: Memperkuat Karakter dalam Novel

3. Cerita Pendek (Cerpen)

Cerpen bukan cuma cerita yang pendek lho. Cerpen adalah karya imajinatif atas kenyataan yang terjadi dalam hidup sebagai dasar karangannya. Cerpen merupakan cermin dari pikiran pengarang tentang kehidupan. Cerpen lebih pendek daripada novel karena aspek permasalahannya dibatasi. Kalau novel dibagi sesuai dengan temanya, cerpen juga dibagi sesuai dengan jumlah kata. Pertama adalah short story yang terdiri dari 5.000 kata. Kedua adalah middle short story yang terdiri sekitar 5.000-1.0000 kata. Ketiga adalah long short story yang terdiri sekitar 10.000-15.000 kata.

Baca juga: Cerpen Opera yang Tidak Pernah Dimainkan

Nah mana nih prosa yang jadi favorit buat kalian baca? Share pengalaman kalian tentang membaca atau membuat prosa di kolom komentar ya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Prosa Baru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.