Penyelesaian Konflik Harus Memuaskan - Sastra Indonesia Org




Assalaamu’alaikum para penulis hebat J. Yuk, kita belajar lagi. Masih mengenai konflik nih materinya ya. Ingat! Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya J.

Sebuah cerita yang kuat itu karena mempunyai konflik. Namun, konflik saja tidak bisa membuat sebuah cerita berhasil laku keras di pasaran. Sebab, pembaca juga menanti solusi memuaskan dari sebuah konflik yang telah disajikan.
Jika melihat dari penulis professional, mereka selalu mencari apa solusi terbaik dan ending bagaimana yang paling kuat untuk sebuah cerita. Mereka selalu menyiapkan alternatif ending dan solusi bukan hanya satu, melainkan lebih dari satu dan bahkan banyak.

Perlu kalian ketahui bahwa, salah satu alasan kenapa pembaca ataupun penonton ingin menghabiskan waktu menuntaskan cerita adalah ingin tahu bagaimana solusi ending dalam sebuah cerita.


Tantangan buat kalian penulis hebat adalah memberi solusi yang memuaskan buat pembaca. Namun ingat, memuaskan tidak berarti harus ber-ending tuntas atau happy ending lho ya J.
Coba deh baca atau nonton film karya Max Brooks berjudul World War Z. Film tersebut berkisah tentang dunia yang tengah menghadapi akhir peradaban karena sebagian besar umat manusia terjangkit sejenis virus rabies yang membuat manusia bergerak seperti zombie, tapi di satu sisi bisa berlari cepat seperti anjing. Sehingga dengan sangat mudah bisa memangsa siapa saja yang masih sehat. Karena jumlah zombie semakin berlipat kali jumlah manusia normal, lalu bagaimana solusinya? Yuk, langsung saja kepoin dengan nonton filmnya hehe.

Bagaimana para penulis hebat? Sudah tahu kan sekarang? J

All picture by: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyelesaian Konflik Harus Memuaskan - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.