5 Sumber Penyalur Hobi Menulis Jadi Cuan

 


Menulis menjadi hobi yang populer serta banyak ditekuni oleh orang karena memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Bahkan, banyak sekolah yang menggalakkan muridnya untuk berkarya melalui tulisan. Memang menulis merupakan hobi yang menyenangkan dan paling mudah dilakukan untuk beberapa orang. Hal ini bisa dimulai dari kegiatan sederhana seperti menulis daftar belanja, mengungkapkan suasana hati, keseharian, cerita, bahkan menulis konten di media sosial pribadi.

Di era digital seperti sekarang pun bakat menulis menjadi keahlian yang banyak dicari, apalagi di dunia bisnis. Ya, dari menulis Sobat bisa memiliki profesi yag mumpuni, menghasilkan sesuatu, dan menguntungkan. Terlebih sudah banyak platform menulis yang bisa Sobat coba untuk menghasilkan cuan. Ada beberapa sumber penyalur hobi menulis yang menghasilkan cuan, yuk, kepoin!

Baca juga: 3 Tips Memulai Karier Menulis Sebagai Blogger

1.  Blog

Blogging atau kegiatan menulis di blogspot/website, wordpress, dan lainnya bisa menjadi salah satu cara Sobat penulis untuk menghasilkan uang secara online. Mungkin ada yang belum tahu dari mana blogger menghasilkan cuan, ya, pastinya dibutuhkan konsistensi serta dedikasi penuh dalam menulis blog. Sobat bisa memberdayakan blog semenarik mungkin untuk menulis cerita maupun artikel. Kemudian, unggah secara teratur, tetapi ini tidak mudah karena membutuhkan waktu, konsistensi, dan proses yang panjang. Mulai dari pengunjung di blog sampai peningkatan domain rating, dan piranti blog lainnya yang bisa membuat website Sobat dikenal.

2. Menerbitkan buku

Tentunya, semua penulis ingin menerbitkan sebuah buku, bahkan ini menjadi pengalaman yang berharga karena bisa memeluk karya sendiri. Terlebih, Sobat akan bangga dengan setiap langkah dalam proses melahirkan buku tersebut. Menerbitkan buku pun tidak sebatas menulis isinya, tetapi melakukan publikasi, menjualnya untuk mendapatkan royalti, memperomosikan buku agar laku. Pasti dibutuhkan berbagai faktor untuk membuat pembaca tertarik membeli buku dan Sobat mendapatkan royalti dari jual buku tersebut.

3.  Membuat konten afiliasi

Sobat pasti masih asing dengan istilah afiliasi, yaitu kerja sama dengan perusahaan guna mengarahkan lalu lintas ke situs web merekaa serta memperoleh komisi untuk setiap penjualan yang diperoleh. Konten pemasaran afiliasi menjadi cara terbaik dalam menghasilkan pendapatan pasif di blog atau website.

Baca juga: 5 Pilihan Pekerjaan yang Cocok untuk Karier Menulismu

4. Menulis skrip untuk pembuat video

Untuk Sobat penulis yang memahami teknis penulisan naskah, tentu bisa menghasilkan cuan dengan mudah melalui pembuat konten video. Biasanya pembuat konten membutuhkan penulis skrip untuk menghasilkan video yang sesuai dengan draft-nya. Sobat juga bisa mengambil inisiatif serta menjangkau pembuat konten.

5. Menulis catatanh acara untuk podcast

Mungkin ini masih asing untuk Sobat Penulis, perlu diketahui kalau catatan podcast merupakan sumber online tertulis untuk pendengar podcast yang menyertakan setiap episode dari podcastnya. Dalam podcast akan ditampilkan catatan yang sediki berbeda, tetapi merupakan ringkasan dari episode sebelumnya. Sobat bisa menemukan pekerjaan ini di catatan acara di papan kerja atau mengirimkan penawaran ke pembawa acara podcast.

Nah, itulah lima sumber penyalur hobi menulis yang bisa menghasilkan cuan. Sobat Penulis bisa mencobanya setelah mengasah kemampuan menulis dan percaya diri untuk mendalami salah satu profesi tersebut. Kira-kira profesi mana nih yang Sobat Penulis inginkan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Sumber Penyalur Hobi Menulis Jadi Cuan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.