3 Cara Asyik Menulis Artikel

 


Mendengar kata artikel akan terlintas pikiran tentang bacaan yang berat, apalagi jikalau menulisnya rasanya akan pusing tujuh keliling. Banyak orang lebih tertarik menulis cerita seperti novel atau hanya cerita pendek karena menyenangkan, nah hal ini membuat artikel sendiri kurang diminati. Perlu kalian tahu menjadi penulis artikel itu menyenangkan, banyak hal yang kalian tahu dan bisa berbagi informasi dengan orang lain. Bayangkan kalau tidak ada penulis artikel, kita tidak akan tahu informasi yang penting, menarik, unik, dan sebagainya.

Artikel sendiri adalah karangan faktual secara lengkap dan panjangnya tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Wah, faktual itu pastinya harus sesuai fakta dan akurat, hal inilah yang penting dari sebuah artikel agar dapat dipercaya masyarakat. Tidak hanya memberi informasi artikel juga bertujuan menghibur, lho. Kok bisa?

Perlu kalian tahu ada beberapa jenis artikel salah satunya deskripsi yang memberikan gambaran tentang kasus atau situasi sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasa. Ada pula artikel narasi sederhana yang dikenal sebagai cerita yang menjelaskan peristiwa secara kronologis, ini dapat beru fakta atau fiksi. Nah, tak jarang penulis artikel menggunakan artikel jenis ini untuk menceritakan kejadian dengan sedikit bumbu candaan yang akan menghibur pembacanya.

Baca juga: Cara Mudah Menulis Artikel dan Mengundang Banyak Pembaca

Artikel seringkali menjadi suatu karya tulis yang paling sulit dituliskan terlebih karena jarang pembacanya yang berminat karena bacaannya yang berat. Hal ini adalah gambaran yang salah tentang artikel, tanpa artikel yang memberi informasi dan membawa dampak positif lainnya kalian tidak akan bisa mengerti beberapa hal. Artikel sendiri tak jarang dijadikan tempat menceritakan pengalaman agar pembaca mengambil pelajaran dari sebuah kisah. Kita tak bisa jauh dari artikel, kita ubah mindset dengan menjadikan artikel sebagai bahan tulis yang asyik dan bacaan yang menyenangkan dengan 3 cara ini, yuk!

        1.       Gambarkan Keadaan

Hal menarik dari sebuah pembukaan adalah membawa pembaca dalam suasana santai untuk membacanya, seperti:

Suasana yang cerah dengan sinar Mentari yang menghangatkan menemani secangkir kopi dan koran tak lupa mengawali pagi dengan senyuman. Sedikit mengulas tentang cara asyik membuat artikel …

Nah, seperti itu contohnya yang membuat kita akan santai menulis karena awalannya yang tak berat, bahkan pembaca pun merasa enjoy dengan artikel yang akan kita buat.

Baca juga: Manfaat Menulis Artikel di Media Massa

        2.       Ceritakan Kisah Pribadi

Seperti yang tadi kita bahas bisa, nih membagikan pengalaman pribadi yang akan menjadi pelajaran penting untuk orang lain, untuk melengkapi bisa sedikit memberikan saran. Kalian tak perlu takut menceritakan kisahmu, karena hal ini akan bermanfaat untuk orang lain. Tentunya sebelum itu kalian harus tahu untuk siapa artikel itu dan masalah apa yang akan dibahas. Namun, kalian harus menceritakannya secara detail untuk membuat kisah ini seperti nyata.

        3.       Berikan Opini yang nyata

Opini atau pendapat haruslah sesuai kenyataan karena artikel membutuhkan pemikiran dan perasaan yang membuatmu bisa mengatur artikel secara langsung dengan berbagi pendapat yang besar dan berani melalui tanggapan terhadap sesuatu yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Asyik Menulis Artikel"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.