Ciptakan Ending Memukau dengan Plot Twist

Untuk beberapa penulis apalagi penyuka film luar negeri pasti tidak asing lagi dengan plot twist atau akhir yang mengejutkan. Ya, plot twist merupakan kejadian yang tidak terduga dalam cerita. Ini adalah salah satu teknik naratif yang popular dan sering digunakan dalam fiksi. Cara ini dirancang untuk mengacaukan perkiraan penikmat. Penulis harus memelintir plot dengan memberi kejutan yang tidak terduga melalui detail peristiwa sebelumnya. Sering kita temui beberapa jenis plot twist yang mampu mengejutkan pembaca seperti:

        ·         Seorang karakter protagonist ternyata jahat

        ·         Bagian cerita yang terlihat tidak penting, ternyata penting

        ·         Konflik yang tadinya seakan selesai, ternyata menimbulkan konflik lain

        Baca juga: Tips Menghidupkan Cerita, Imajinasi Kuncinya

        ·         Muncul hal baru yang mengubah cerita sebelumnya

        ·         Kilas balik yang mengungkapkan sebuah informasi

        ·         Muncul seorang tokoh yang membalikkan cerita yang ada

Itulah plot twist yang sering muncul dalam film, heem sering greget kalau lihat film sudah tegang ah ternyata hanya mimpi, eh ternyata kilas balik masa lalu. Apalagi yang sudah menebak-nebak ceritanya seperti ini dan tokoh ini karakternya biasa saja culun dan ceroboh, tiba-tiba di akhir ternyata tokoh inilah penjahat yang sesungguhnya yang kejam. Namun, cerita yang tak sesuai dengan ekspektasi pembaca maupun penonton ini membuat banyak orang lebih bersemangat membaca ceritanya.

Baca juga: Tips Konsisten Menulis dengan Outline

Plot twist menjadi penting dalam sebuah cerita yang membuat pembaca maupun penonton turut terlibat. Selain itu, saat plot twist muncul pada pertengahan atau akhir cerita mereka akan mendapat kesan yang berarti, bahkan cerita ini akan membekas dalam hati peminatnya. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat plot twist:

        1.       Bunuh karakter yang penting

        2.       Biarkan karaktermu menemukan alur cerita secara alami

        3.       Tinggikan karakter yang tampaknya tidak penting

        4.       Ciptakan kejadian besar untuk mengakhiri cerita

        5.       Pastikan alur ceritamu berhasil

        6.       Sebelum membuat plot twist, sebarkan petunjuk-petunjuk kecil

Nah, plot twist sendiri berarti alur cerita yang sengaja dipelintir sehingga menimbulkan efek kejutan. Pada dasarnya plot twist berasal dari kata plot yang artinya alur cerita dan twist yang berarti melintir. Kedua kata yang berasal dari Bahasa Inggris. Plot twist ini hanya akan cocok saat diletakkan di ending cerita kalian di mana penulis bisa mematahkan semua dugaan para pembacanya dan hal itu membuat peminat cerita terpukau dengan alur yang tak biasa. Cukup sekian pembahasan plot twist yang membuat ending memukai, semoga bermanfaat.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciptakan Ending Memukau dengan Plot Twist"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.