Memulai Karier Menjadi Freelance Writer, dari Hobi Jadi Cuan

Sebagai penulis di tahun 2023 yang serba digital dan kebutuhan akan ekonomi meningkat, pasti Sobat Penulis mulai mencari cara untuk mendapatkan cuan dari hobi yang satu ini. Di dunia digital, tentunya kemampuan menulis sangat berperan pasar, terlebih di maraknya digital marketing. Mengingat menulis pun tidak semudah membalik tangan, pasti banyak yang mengharapkan cuan dari bakat menulisnya.

Apalagi sekarang telah didukung dengan berbagai ruang menulis yang bisa menghasilkan, mulai dari di bidang pemasaran, di platform kepenulisan, website, dan masih banyak lagi. Tak heran apabila banyak yang mulai menekuni freelance writer atau penulis writer karena bisa dijadikan pekerjaan sampingan dengan cuan yang lumayan. Sebagai penulis lepas pun perlu memiliki bekal, yaitu nama yang berguna untuk mempromosikan diri sendiri guna menarik klien maupun audiens.

Baca juga: 5 Sumber Penyalur Hobi Menulis Jadi Cuan

Ada berbagai situs yang bisa dijadikan target untuk menawarkan jasa, ada kemungkinan juga situs tersebut memberikan tawaran pada Sobat. Eits, tetapi sebelum ke sana Sobat perlu mengetahui skill masing-masing mulai dari penulis artikel, website, iklan di media sosial biasanya pekerjaan copywriter, serta masih banyak lagi. Selain itu, sebagai penulis lepas harus aktif mencari proyek dan menawarkan jasa. Adapun yang bisa dikerjakan oleh penulis lepas dari rumah, mulai dari jurnalis, review, copy writing, creative writing, artikel blog, menulis buku, dan masih banyak lagi.

Kali ini, Mimin mau bahas soal penulis novel dan platform yang sama-sama bisa menghasilkan uang. Pertama, penulis novel diambil dari para penulis yang novelnya sudah banyak dibaca dan populer sehingga bisa diperjual-belikan dalam jumlah banyak. Biasanya penerbit akan meminang naskah Sobat Penulis yang karyanya banyak diminati dan berpotensi untuk dijual, dari sana Sobat akan mendapatkan royalti atau keuntungan dari menjual buku, lumayan jika buku terjual dalam jumlah banyak.

Kedua, penulis platform lebih sulit dari pada penulis novel yang bisa melakukan branding diri sendiri. Sebab, Sobat akan terikat dengan peraturan dari platform mulai dari jumlah kata, rajin publikasi, dan view. Biasanya cuan bergantung dari view yang didapatkan sehingga Sobat perlu melakukan promosi dan mencapai target dengan baik untuk mendapatkan fee yang diinginkan.

Baca juga: 5 Pilihan Pekerjaan yang Cocok untuk Karier Menulismu

Satu lagi yang berpotensi mendapatkan cuan, penulis artikel di mana Sobat Penulis bisa membuat website sendiri atau menulis untuk situs tertentu, ataupun menawarkan jasa penulisan artikel. Biasanya membuat website sendiri akan membutuhkan waktu lama untuk membangun hingga mendapatkan uang dan berbagai penawaran jasa yang ingin dipromosikan, seperti review produk, dan lainnya. Sedangkan untuk situs tertentu pun tergantung view dan fee yang ditawarkan. Cara efektif adalah dengan melakukan semuanya termasuk menawarkan jasa penulisan artikel.

Begitulah secara singkatnya tentang dunia kepenulisan untuk menghasilkan cuan, bukan pekerjaan yang mudah memang menulis. Butuh perjuangan agar karyamu bermanfaat untuk orang lain dari dirimu sendiri, akan tetapi ingatlah bahwa hobi menulis merupakan kegiatan yang harus dilakukan tanpa tekanan dan beban. Jadi, jangan memaksakan diri untuk mengejar target menulis guna mendapatkan cuan atau akan ada risiko yang lebih besar. Kalau Sobat ingin jadi penulis apa, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memulai Karier Menjadi Freelance Writer, dari Hobi Jadi Cuan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.