5 Teman Menulis yang Membangkitkan Mood

 


Hai Sobat Literasi, setiap akan menulis kamu pasti membutuhkan teman yang menghapus kejenuhan dan kebosanan. Kegiatan menulis memang terkadang terasa bosan karena hanya duduk dan menulis di ruanganmu sendirian, karena pada dasarnya kegiatan menulis membutuhkan konsentrasi dan ketenangan. Seringkali untuk menyelesaikan beberapa lembar naskah kita terpaksa menulis, hingga merasa lelah atau membutuhkan refreshing dikarenakan pikiran selalu fokus pada laptop dan memaksakan diri untuk menulis atau mengetik.

Hal seperti ini yang justru merusak cerita, saat kita tidak bisa menulis dengan baik pastinya tulisan akan kemana-mana dan menjadi tak jelas. Apapun yang dipaksakan pasti hasilnya tidak baik, padahal ini bisa diatasi dengan menghilangkan rasa bosan dan jenuh itu sendiri. Ada hal yang bisa dijadikan teman menulis agar lebih santai dan bisa menangkap inspirasi serta menuangkannya ke dalam tulisan. Berikut 5 teman menulis yang bisa membangkitkan mood dan membuatmu lebih rileks dalam menulis:

Baca juga: Tips Membangkitkan Mood Menulis

1. Lagu

Nah, pastinya Sobat Literasi tidak jauh dengan lagu yang selalu didengarkan untuk menenangkan hati terlebih bisa menemani kegiatan menulis. Untuk penulis fiksi tak diragukan lagi untuk mendengarkan musik sambil mengetik karena ini bisa merangsang kita untuk lebih tekun dan kreatif. Saat mengetik, menulis, mencurahkan lagu ke dalam tulisan, sambil mendengarkan headseat ini sangat membantu. Sobat Literasi bisa menulis cerita romance dengan ditemani lagu selow dan romantis sesuai pilihan atau bisa juga sesuai selera. Mendengarkan musik bisa membuat kita meresapi setiap kata yang akan kita tulis, walau tidak semuanya ini menjadi cara ampuh untuk membuatmu menulis dengan baik dan senang.

2. Cemilan

Dengan adanya cemilan di samping laptop ini bisa menambah semangat menulis, karena tenaga kecil bisa menjadi Moodboster dalam menulis. Biasanya imajinasi pun akan terkumpul dan otak lebih cepat berpikir saat sudah makan, jadi ingat dengan sebuah pepatah. Pepatah mengatakan, "Jika perut kenyang hati pun senang, dan ide akan datang dengan riang". Eits, itu katanya MinVi dong. 

Tapi, jangan sampai keenakan karena cemilannya nagih, jadi terus makan sampai habis, sedangkan tulisan tak kunjung ditulis. Hemm, sebaiknya cemilan diletakkan di dekat laptop agar kita bisa menulis dan sesekali mengambil cemilan. Untuk sebagian penulis camilan menjadi teman yang hanya jadi selingan, perbanyak nulis kurangi ngemil, ya.

3. Tempat yang Nyaman

Nah, pastinya saat menulis membutuhkan tempat yang nyaman agar tidak merasa terganggu dan terus berpindah-pindah tempat apalagi sampai jemu. Tentunya, kita bisa membawa laptop ini ke tempat nyaman sambil menikmati suasana yang menenangkan dan sesuai. Pastinya tempat damai, tenangm, tentram sangat dibutuhkan saat menulis. Contohnya seperti kamar, balkon, tempat rahasiamu, atau taman  di rumah yang sepi, dan lain-lain.

Saat  menulis dengan teman pastinya tulisanmu tak banyak tertuang, tetapi tak menutup kemungkinan Sobat Literasi malah lancar saat menulis di tempat ramai. Namun, akan lebih baik jika menulis di tempat yang suasananya nyaman untuk sendiri saja karena ini akan membuatmu lebih fokus menulis. Sobat Literasi juga bisa mencari pemandangan mata untuk dijadikan obyek bahan menulis atau memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Penulis pasti tahu apa yang harus dilakukan untuk mencari bahan tulisan.

Baca juga: 4 Metode Menggali Ide untuk Tulisan Menarik

4. Kopi

Secangkir kopi sejuta mimpi. Hemm, menulis ditemani secangkir kopi panas dengan asapnya yang menyebar aroma harum dan candu yang memikat hati bisa menenangkan dan menyejukkan hati, ini sama halnya dengan terapi. Kebanyakan penulis setia dengan secangkir kopi sebagai teman dalam menulis. Nah, bisa dicoba dengan membawanya ke tempat yang nyaman sambil melihat pemandangan hijau yang memanjakan mata. Tentunya, hal ini berpengaruh pada suasana hati dan akan menghasilkan tulisan yang apik.

5. Diary

Ya, jika Sobat Literasi memiliki buka harian yang menyimpan cerita kita ini bisa menjadi teman menulis yang bagus. Buku diary sendiri menjadi tempat kita mengungkapkan perasaan, tak khayal diary menjadi tempat curhat yang terbaik. Jika kalian ingin mencari bahan inspirasi bisa mencarinya di sana atau terlintas sesuatu di luar cerita ada baiknya ditulis dalam diary tersebut. Tak hanya itu, diary bisa dijadikan catatan untuk alur, setting, quotes, atau kerangka yang kalian inginkan. Sehingga mempermudah proses menulis di laptop nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Teman Menulis yang Membangkitkan Mood"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.