TIPS JITU MEMENANGKAN LOMBA MENULIS



Oleh: Caia Andara

Saat ini, event lomba menulis baik gratis maupun berbayar masih terus digelar oleh berbagai pihak mulai dari lomba menulis puisi, cerpen, novel dan karya sastra lainnya dari berbagai genre, yang salah satu tujuan event tersebut agar minat baca tulis masyarakat terus tumbuh seiring dengan perkembangan zaman,. Akses lomba-lomba itu pun semakin mudah kita dapat mulai dari mesin pencarian google, website, sosial media instagram, facebook, maupun YouTube.

Bagi kamu pegiat literasi, tidak boleh melewatkan kesempatan ini, karena ada berbagai hadiah menarik yang ditawarkan, mulai dari pulsa, buku, medali, bahkan uang tunai. Sangat menggiurkan bukan? Selain hadiah-hadiah tersebut, setiap event lomba menulis juga memberikan reward atau skill yang bisa dirasakan langsung oleh pesertanya, seperti menjadi lebih kreatif dan memiliki daya saing di dunia kepenulisan yang lebih luas.

Terlepas dari keberuntungan, ada beberapa tips atau trik jitu untuk memenangkan event menulis yang tentunya bisa dicoba. Apa saja itu? Yuk simak!

1. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Pertama adalah perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan dari penyelenggara, jangan sampai melewatkan satu syarat pun. Baik syarat umum seperti, memfollow akun sosial media penyelenggara atau membagikan info lomba di media sosial kita, maupun syarat dan ketentuan khusus naskah, entah itu jumlah minimal maksimal kata, penggunaan font tulisan, atau cara pengirimannya. Hal-hal seperti ini jangan sampai disepelekan yah! Karena sebaik apapun naskah kita, jika syarat dan ketentuannya tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi peluang kita untuk menang, bahkan bisa saja didiskualifikasi.

2. Buat Ide Menarik dan Unik Sesuai Tema

Setelah mengikuti syarat dan ketentuan penyelenggara, yang perlu diperhatikan selanjutnya ialah tema yang diperlombakan, kemudian buatlah ide yang menarik dan unik yang tentunya tidak keluar dari tema. Ide menarik dan unik adalah ide yang memiliki ciri khas atau pembeda dari biasanya tetapi tidak harus benar-benar pertama kali ada, artinya meskipun secara garis besar ide ceritanya pasaran, namun jika kita bisa lebih kreatif menghadirkan sesuatu yang unik juga akan dilirik oleh tim juri.

3. Konsep Ide dengan Outline

Outline merupakan kerangka atau poin-poin penting dalam suatu cerita. Dengan adanya outline, penulis akan lebih mudah dan terkonsep untuk mengeksekusi cerita, sehingga fase writers block atau menghilangnya ide di tengah jalan dapat dihindari, dan dengan begitu penggunaan waktu untuk mengerjakan sebuah naskah bisa lebih efisien. Umumnya, outline digunakan untuk menulis novel, namun bukan berarti tidak dapat digunakan saat menulis cerpen atau karya sastra lainnya.

4. Sebaik Mungkin Hindari Kesalahan EYD

Kesalahan EYD biasa terjadi di kalangan penulis, baik senior apalagi pemula. Entah penggunaan tanda baca, typo, penggunaan kata depan, kata sambung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terlepas dari tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, kita juga harus selalu belajar dan memperbaiki diri. Untuk itu, cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghindari kesalahan EYD ialah dengan membaca dan mengecek berulang kali naskah kita sebelum dikirim ke penyelenggara. Jangan sampai kesalahan tanda baca menjadikan naskah kita gugur atau penilaiannya berkurang.

5. Kirim Naskah Sebelum Deadline

Mengirim naskah sebelum deadline bisa memberikan nilai lebih bagi kita. Bahkan beberapa penyelenggara biasanya memberikan reward bagi pengirim tercepat. Namun, bukan berarti naskah yang kita kirim amburadul dan tidak sesuai ketentuan. Hal itu justru menjadi bumerang untuk kita. Maka kuncinya ialah siapkan naskah terbaik dan tidak lewat dari deadline.

6. Optimis dan Berdoa

Tips terakhir yang tidak kalah penting ialah optimis dan berdoa. Optimis menjadikan kita percaya diri dengan usaha yang telah dilakukan dan diiringi doa yang tulus, karena biar bagaimanapun selalu ada campur tangan Sang Kuasa di dalamnya. Pikiran dan sugesti positif akan menjadi dorongan untuk terus melakukan yang terbaik.

 Nah, itu dia beberapa tips yang tidak ada salahnya dicoba untuk memenangkan lomba menulis. Namun, sekali lagi tips-tips tersebut akan percuma jika tidak diiringi usaha yang maksimal. Jangan pernah bosan dan mudah menyerah yah!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS JITU MEMENANGKAN LOMBA MENULIS"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.