Materi - Cara Menulis dan Mengirim Karya ke Media oleh Anggi Putri - Sastra Indonesia Org







6. Cari tahu cara pencairan honor. Tidak semua media menggunakan alamat email yang sama antara pengiriman naskah dan pencairan honor. Untuk itu penting mencari tahu alamat untuk pencairan honor agar bisa cepar cair.
Sedangkan untuk karya fiksi berupa cerpen, esai, puisi, resensi bisa dikirim ke beberapa media berikut. Ini sudah saya rangkum di sini: http://www.anggiputri.com/2017/05/alamat-media-yang-menerima-karya.html
                                                       


Berikut ini jika ingin mengetahui tutorial pengiriman yang agak detail: http://www.anggiputri.com/2017/06/tutorial-kirim-karya-ke-media.html



Menulis dan Mengirim Karya ke Media

Apakah kamu sudah berusaha menulis dan sering kirim karya ke media massa baik koran, majalah, maupun media online? Lalu, selalu berakhir dengan kecewa karena yang dimuat ternyata karya orang lain. Sebentar, jangan panik! Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Bahkan ada puluhan bahkan ratusan penulis yang pernah ngalamin hal serupa. Mereka pernah kecewa karena tulisannya tidak lolos di meja redaksi.

Setelah gagal memang redaksi menjadi sosok yang menjengkelkan. Kamu akan dibuat geregetan tiap minggunya. Kamu akan benci, tetapi keesokan harinya kamu pasti akan senang untuk kembali mengirim tulisan lagi ke redaksi, ya begitulah siklus penulis. Hubungan antara penulis dengan redaksi gemes-gemes rindu, hehe.

Ketika hari ini tulisanmu tidak terbit, kuncinya cuma satu, coba lagi. Benahi tulisan, edit, kemudian kirim lagi. Jika tidak dimuat lagi, istigfar. Lalu, edit dan kirim lagi. Siapa tahu besok dimuat. 

Baiklah. Begini, untuk menulis karya dan mengirimkannya ke media ada beberapa tahap yang harus dilalui. Bukan hanya buat kamu, tetapi kita semua yang ingin tulisannya lolos di redaksi. Ingat, tidak ada yang instan kecuali Mie Indomie, hihi.

By: Anggi Putri



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi - Cara Menulis dan Mengirim Karya ke Media oleh Anggi Putri - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.