Materi - Memperbaiki Niat Menulis by Dede Hartini - Sastra Indonesia Org








Memperbaiki Niat Menulis

By Dede Hartini


Buat apa sih menulis itu? Teman-teman pasti banyak yang jawab kalau menulis itu karena hobi ataupun honor, kan? Kalau untuk mendapatkan honor dari menulis tidak semudah itu, ya. Pekerjaan apa pun membutuhkan banyak perjuangan dan kerja keras juga kerja cerdas. Kalau ada yang niat menulisnya karena hobi atau honor, mulai perbaiki deh niatnya itu. Biar lebih mudah seperti yang dijelaskan Kak Dede di bawah ini. Yuk, simak sampai selesai! J

Menurut Kak Dede yang juga merupakan penulis ide cerita FTV ini, menulislah untuk diri sendiri, bukan karena alasan yang lain. Ingat! Menulislah untuk diri sendiri! Kenapa begitu? Karena ketika menulis untuk diri sendiri, kalau mendapat kritikan artinya itu bagus untuk perbaikan kehidupan kalian.

Mau tulisan kalian dihargai atau tidak, kalian akan tetap mencintai menulis, karena peduli terhadap apa yang sudah menjadi bagian dari diri kalian. Juga ketika menulis untuk diri sendiri, otomatis akan mempengaruhi orang-orang di sekeliling kalian.
Karena dengan menulis, kalian bisa berbagi pemikiran terhadap sesuatu agar diketahui orang lain dan otomatis membuat mereka berpikir ulang, dan membandingkan pendapatnya sendiri dengan pendapat kalian mengenai sesuatu. Sehingga menciptakan suatu sudut pandang baru yang lebih luas.

Selain itu, dengan menulis, kalian bisa menyampaikan apa yang teman-teman lihat dari derita jiwa-jiwa yang kadang tidak tertangkap oleh retina manusia. Sehingga kalian men-translate-nya ke dalam bahasa tulisan yang deskriptif sehingga mampu diterima penglihatan untuk dicerna logika.

Satu lagi, dengan menulis, kalian mampu meriset dan mendaur ulang hukum-hukum sosial yang sebenarnya keliru di masyarakat kita. Lalu, kalian bertujuan meluruskan dengan cara mengemukakan pendapat pribadi juga orang-orang terpercaya hingga menciptakan pemikiran baru yang lebih logis.

Jadi, kalian harus perbaiki lagi niat menulis itu untuk apa. Sehingga lebih kritis dalam menanggapi segala kritikan.

By Dede Hartini.

Oke, guys. Sampai di sini dulu, ya. J

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi - Memperbaiki Niat Menulis by Dede Hartini - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.