Materi - Sastrawan yang Menawan, Kenali Literasi dengan Potensi Diri by Ahda Jaudah - Sastra Indonesia Org








Sastrawan yang Menawan,
Kenali Literasi dengan Potensi Diri


Pasti banyak pertanyaan terbesit dari kalian. Literasi emang berkaitan sama sastrawan?

Lalu, literasi itu apa sih? Konsep diri yang bagaimana untuk sastrawan itu? Tenang-tenang. Pasti dijawab, kok. J



Oke, literasi itu berkaitan antara otak dan hati. Kalau kalian sering melihat orang berpuisi atau membaca puisi, terus merasakan seperti apa yang digambarkan dalam puisi itu, berarti kalian sudah tertawan oleh sastrawan itu.

Kok, bisa begitu, Min? Ya, karena sastrawan tersebut sudah punya konsep diri otaknya yang berliterasi untuk sampai ke hati para pembaca atau pendengar.


Literasi sastra bisa kita jumpai  di literasi baca dan tulis. Tema-tema yang diangkat pun kebanyakan ada kaitannya dengan literasi. Literasi itu sebenarnya ada 6, yaitu literasi baca dan tulis, numerik, budaya dan kewarganegaraan, sains, finansial, dan digital.

Lalu,  kenapa sastrawan harus punya konsep diri? Soalnya kalau gak punya konsep kalian gak akan maju menjadi sastrawan menawan. Jadi, konsep diri itu adalah seseorang yang menilai dirinya sendiri. Kadang di antara kita masih ada saja yang ragu untuk membuat karya sastra. Padahal, sebenarnya sudah mampu. Nah, keadaan itu muncul karena sering mendengar pesan negatif dan berprasangka buruk, sering tidak nyaman mengatakan apa yang dimaksud, dan sulit beradaptasi. Kalau gagal gak mau bangkit, sulit memuji orang lain, dan merasa rekan tidak menyukai.

Oke, sampai sini dulu, ya. Minggu depan Mimin share tips-tips untuk mengatasi hal-hal di atas. J

Ditunggu komentarnya. J

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi - Sastrawan yang Menawan, Kenali Literasi dengan Potensi Diri by Ahda Jaudah - Sastra Indonesia Org"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.