Siti Rohajawati Penulis Buku Knowledge Management Systems (KMS)

Detail Buku


Profil Penulis

Dr. Siti Rohajawati, S.Kom., M.Kom. meraih gelar Doktor (Dr.) dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (Fasilkom-UI) dengan predikat 'cum laude' dan disertasi berjudul: "Model and Strategy of Mental Health Knowledge Management" pada tahun 2015. Tahun 2005 diraih gelar Master Komputer (M.Kom.) dari kampus yang sama (Fasilkom-UI)) setelah tahun 2001 memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dari Universitas Pakuan, Bogor dan di Yudisium di Universitas Padjadjaran Bandung.

Dr. Siti R., memulai karier dengan bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dari tahun 1990 sampai 2002, kemudian berkarier menjadi dosen hingga saat ini. Bidang keahlian yang diampu antara lain Knowledge Management System, e-Government, Information System, Software Engineering, Artificial Intelligent, Big Data and Data Science. Tergabung dalam beberapa organisasi profesi seperti aptikom, Oracle Acdemy, AISnet dan INDOCEISS. Aktif sebagai penulis artikel ilmiah terindeks serta reviewer dan editor jurnal.

Untuk beberapa karyanya bisa dilihat di:


Karya Siti Rohajawati di AE Publishing

Nama: Siti Rohajawati

Judul Buku: Knowledge Management Systems (KMS)

Blurb: Perkembangan keilmuan Sistem Informasi sangatlah pesat karena didukung oleh berbagai teknologi informasi yang memungkinkan menjadi terealisasi (enabler) khususnya di bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligent-Al). Salah satu keilmuan yang melibatkan para ahli atau pakar adalah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Penerapan keilmuan KM melahirkan aplikasi-aplikasi yang mendukung proses KM dan dapat menjadi keuntungan bagi organisasi dalam berkompetisi serta meningkatkan kualitas layanan dari proses bisnisnya.

Bidang KM ini telah diterapkan di berbagai organisasi dan industri, salah satunya adalah pada bidang kesehatan dengan istilah Healthcare Knowledge Management (HKM) ataupun beberapa istilah lainnya seperti Hospital Knowledge Management (HKM), Clinical Knowledge Management (CKM) dan sebagainya.

Namun, untuk memahami keilmuan KM secara mendalam dan terutama untuk penerapannya menjadi sebuah aplikasi diperlukan wawasan yang lebih luas tentang Knowledge Management Systems (KMS). Buku ini membahas tentang fundamental KM dan KMS, mengenal perangkat lunak pengembangan dan metodologi KMS, dan terpenting dampak dan manfaat penerapannya di bidang kesehatan mental. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siti Rohajawati Penulis Buku Knowledge Management Systems (KMS)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.