Mengenal Poliglot: Tips Menguasai Banyak Bahasa

 


Hai Sobat Literasi, kalian pasti asing dengan istilah poliglot. Menurut KBBI, poliglot adalah orang yang pandai dalam berbagai bahasa. Poliglot bisa diartikan juga sebagai dapat mengetahui, menggunakan, dan menulis dalam banyak bahasa. Di zaman sekarang, tentunya mempunyai skill yang bisa diandalkan sangatlah penting. Sepert skill keahlian bidang, berpikir kritis, kolaboratif, kepemimpinan, manajemen, dan yang lainnya. 

Skill seperti ini diyakini bisa dilatih sejak dini, umumnya setiap orang memiliki kemampuan yang menonjol dan unik yang membedakannya dengan orang lain. Poliglot menjadi salah satu skill yang jarang dimiliki seseorang. Kemampuan berbahasa ini, pertama kali digunakan di tahun 1645. Istilah poliglot berasal dari bahasa Yunani, yaitu polyglottos yang bahasa latinnya polyglottus. 

Kemampuan menguasai lebih dari empat bahasa ini memiliki banyak manfaat, bahkan banyak dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Selain itu, kemampuan berbahasa bisa mengantarkan kita ke dunia Internasional. Berikut manfaat poliglot, dikutip dari instagram Direktorat Jenderal Pendidikan, Riset, dan Teknologi:

Baca juga: Mengenal Bahasa Sanskerta dan Pentingnya untuk Bahasa Indonesia

Manfaat memiliki skill poliglot:

  1. Otak dapat berfungsi dengan lebih baik.
  2. Meningkatkan prospek pekerjaan.
  3. Meningkatkan kemampuan memori.
  4. Menekan risiko penyakit demensia.
Untuk menguasai berbagai beberapa bahasa pun tidaklah mudah, kita membutuhkan usaha, waktu, dan dedikasi untuk mengusai beberapa bahasa. Berikut beberapa tips untuk menguasai beberapa bahasa:

1. Mempelajari satu bahasa dalam satu waktu

Cara terbaik untuk menguasai berbagai bahasa adalah menguasai satu bahasa dalam satu waktu karena mempelajari dua bahasa atau lebih secara mudah akan sulit untuk menyerap informasi yang ada. Kita bisa bingung dan tidak fokus mempelajarinya.

2. Bergabung dengan kelas bahasa

Melalui kelas, kita bisa mempelajari satu bahasa dengan terstruktur dan bisa bertanya kepada para pengajar jika kesulitan menyerap materi tertentu. Selain itu, mengikuti kelas bahasa bisa secara tatap muka dan melalui smartphone. Terlebih, Sobat Literasi bisa memanfaatkan aplikasi secara mudah dan gratis.


3. Membaca satu buku dalam banyak bahasa

Banyak buku-buku klasik yang diterjemahkan ke berbagai bahasa, buku ini bisa digunakan untuk membantu kita mempelajari bahasa. Salah satunya buku berjudul Harry Potter karya J.K Rowling yang terdapat dalam versi bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman. Buku novel bergenre fantasi ini juga sudah ada filmnya, sangat direkomendasikan untuk membacanya. Selain itu, membaca buku itu akan menjadi pengalaman yang unik apalagi jika bisa mendengar versi audio booknya.

4. Menggunakan teknik Laddering: menerjemahkan bahasa yang kamu pelajari ke bahasa yang kamu ketahui dulu

Teknik laddering ini misalnya, jika ingin menerjemahkan kalimat dari Bahasa Jepang, lebih dulu artikan ke Bahasa Inggris, tidak langsung ke Bahasa Indonesia. Hal ini membantu kita menghindari kebingungan pada bahasa yang kamu pelajari.

5. Mendengarkan musik dan menonton film dalam bahasa yang dipelajari

Jika Sobat Literasi bisa mempelajari bahasa Inggris atau bahasa lainnya melalui film atau musik, karena hal ini bisa membantumu mengenal bahasa yang kamu pelajari. Selain itu, kita bisa membuat jadwal belajar setiap harinya agar bisa cepat fasih menggunakan bahasa yang ingin dipelajari. Terus berlatih secara konsisten akan membuat kemampuan kita semakin baik. Agar lebih mudah, kamu bisa mengajak teman untuk berlatih bersama setiap harinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Poliglot: Tips Menguasai Banyak Bahasa"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.