Resolusi Di Tahun 2019 - Bisnis Taman Baca




Di zaman yang serba online, kita bisa membuka usaha apa saja, kemudian dipromosikan di sosial media. Namun, apakah juga mudah untuk membuka Taman Baca? Mungkin mudah jika hanya dipromosikan via online. Namun, belum tentu mudah untuk menarik minat pembaca. Apalagi sejak beberapa tahun yang lalu minat baca di Indonesia sangat minim.

Dunia di era digital ini memang tidak sedikit persaingannya. Bahkan anak kecil pun bisa menjadi pesaing kita. Bagaimana tidak. Masih kecil, belum sekolah sudah mengenal gadget. Tidak bisa dipisahkan dengan benda yang satu itu. Mungkin akan lebih berguna jika gadgetnya dipergunakan untuk belajar.



Maka dari itu, bisnis di tahun 2019 ini saya mempunyai tekad harus mampu negeri mewujudkan impian saya yang sempat tertunda. Yaitu, membuka  taman baca untuk segala usia. Entah bagaimana caranya yang penting harus bisa, bismillah.

Rencananya saya akan mendirikan taman baca di daerah yang minim minat bacanya atau yang jauh dari perpustakaan. Menggunakan tempat yang strategis dan nyaman tentunya untuk para pembaca nanti. Mendekorasi ruangan secara unik dan rapi untuk menarik minat pembaca. Buku-buku juga dipisah sesuai kategori usia pembaca.



Di halaman depan taman baca yang sesuai namanya, juga akan dibangun taman yang indah dengan air mancur dan bunga berwarna-warni. Tentunya juga bisa dibuat baca-baca dengan dilengkapi, kursi taman, ayunan, dan permainan anak-anak. Supaya anak-anak tambah senang dan semangat belajar ataupun membaca. Tidak lupa fasilitas WIFInya agar bisa dimanfaatkan anak-anak yang sedang  mengerjakan tugas-tugas mereka.

Untuk buku-bukunya sendiri, saya bisa meminta bantuan kepada teman-teman literasi untuk menyumbangkan buku-buku mereka. Kebetulan juga saya mempunyai teman yang memiliki komunitas khusus untuk membagi-bagikan buku secara gratis. Mulai dari buku anak-anak sampai novel-novel remaja. Selebihnya saya bisa beli sendiri, insya Allah.

Baca juga: Materi Review Book, Resensi Buku - Sastra Indonesia

Di taman baca nantinya juga akan ditambah fasilitas outlet/ warung. Penjualnya ibu-ibu atau orang-orang kurang mampu yang tinggalnya di daerah itu saja. Kenapa saya mendirikan outlet juga di taman baca? Karena supaya pembaca kalau lapar atau haus bisa beli di outlet tersebut. Pun untuk anak-anak yang mengerjakan tugas tidak sempat pulang untuk makan dan minum. Selain makanan berat tentu juga ada makanan ringan atau makanan-makanan lainnya khas buatan penjual di setiap outletnya.

Tidak lupa musholla dan kamar mandi juga disediakan. Oh iya, selain untuk kebutuhan pembaca ketika lapar dan haus. Outlet/ warung didirikan memang untuk membantu ekonomi warga setempat yang kurang mampu.





Untuk para pembaca tidak dipungut biaya jika mau membaca atau belajar di tempat bacaan tersebut. Jika meminjam buku akan dikenakan biaya sewa seharga 2000 rupiah per satu buku dengan jangka waktu maksimal satu minggu. Jika lewat bisa dikenakan denda 1000 rupiah per seminggunya. Sedangkan untuk pelajar yang menggunakan WIFI akan dikenakan biaya 3000 per jam.

Baca juga: Manfaat Menulis Diary Bagi Tubuh

Di sana rencananya nanti juga akan ada program kegiatannya. Yaitu, setiap sore anak-anak sampai usia remaja diajari mengaji  dan setiap selesai sholat Maghrib, diadakan pengajian bersama ustadz ataupun ustadzah yang diundang untuk ibu-ibu dan bapak-bapak di musholla. Sedangkan setiap hari Minggu pagi, acara jalan sehat yang kemudian dilanjutkan belajar bersama anak-anak setelah istirahat tentunya. Mulai dari mendongeng yang dibawakan kakak-kakak Tim Taman Baca yang sudah dijadwal secara bergiliran. Setelah itu belajar menggambar yang dilanjutkan belajar membaca dan menghitung. Setelah semua selesai, lalu diberi makan siang dan minum secara gratis dan sudah diperbolehkan pulang.

Baca juga: Rekomendasi Tempat yang Nyaman Untuk Menulis

Meskipun namanya bisnis, tetapi saya tidak ingin meninggalkan impian saya yang lainnya. Yaitu mencerdaskan anak bangsa dan membantu sesama. Mengajarkan anak-anak menggunakan gadget secara baik dan benar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resolusi Di Tahun 2019 - Bisnis Taman Baca"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.