Pentingnya Kartu Nama Bagi Seorang Penulis




Sekarang ini banyak orang yang menjadikan menulis sebagai pekerjaan tetap dan sumber penghasilan sehari-hari. Bagaimana tidak, fee yang didapatkan dari menulis juga cukup menggiurkan. Simpel saja, seorang penulis artikel bisa mendapatkan uang 5.000 rupiah sampai 10.000 rupiah per artikel yang dijual bisa dijual pada orang. Biasanya orang yang membeli adalah pemilik sebuah blog yang membutuhkan artikel untuk mengisi blog nya.

Nah untuk penulis buku atau novel, jika buku yang kita tulis diterbitkan oleh penerbit dan laris dipasaran, bayangkan royalty yang akan didapat oleh seorang penulis. Itulah yang menyebabkan banyak orang tergiur menjadi seorang penulis. Yang tadinya dari hobi, bisa menghasilkan uang.

Untuk memperlihatkan sisi professional dari penulis, salah satu yang dibutuhkan adalah sebuah kartu nama. Kenapa demikian? Karena jika kita memiliki kartu nama, maka orang akan memandang kita sebagai seorang penulis yang professional, bukan abal-abal. Apa saja kiat-kiat untuk membuat kartu nama. Bagi kalian yang belum mempunyai kartu nama, yuk simak tipsnya.



                                            
 1. Cantumkan Informasi yang Jelas
Kartu nama berfungsi untuk memudahkan seseorang jika ingin menghubungi kita. Jadi buatlah kartu nama yang jelas mencantumkan data informasi tentang kita. Seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon. Nah di era modern dan canggih seperti ini, orang pasti suka dengan yang nama sosial media. Jadi cantumkan juga akun sosial media dalam kartu nama, ini bisa memudahkan juga jika seseorang ingin memeriksa latar belakang kita.
Mereka juga akan lebih percaya dengan melihat akun-akun sosial media kita. Tapi gunakan sosial media yang tidak alay ya. Pakai nama asli kita, atau biasanya kan penulis punya nama pena tuh, bisa juga pakai nama pena.

2. Buatlah Kartu Nama Simpel dan Menarik
Ini adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan ketika membuat kartu nama. Kartu nama harus menarik dan mencuri perhatian ketika kartu itu diberikan pada seseorang. Nah, untuk itu, ketika membuat kartu nama berikan detil yang berkesan pada kartu nama kalian.
Jangan membuat kartu nama yang terlalu ramai dengan hiasan-hiasan, akan menampakkan sisi yang tidak professional kalian. Untuk penggunaan warna yang paling banyak dan netral adalah putih dan hitam. Tapi tidak menjadi patokan juga jika kalian ingin memakai warna lain. Tentukn warna sesuai dengan kesukaan kalian, warna elegan mungkin akan menarik perhatian juga, hehe.


                                                         Sumber : Google

3. Dompet Untuk Kartu Nama
Kenapa harus ada dompet kartu nama? Ya iyalah, setelah kalian punya kartu nama, pastikan untuk menyimpannya di dalam dompet kartu nama. Supaya memudahkan kalian untuk mencarinya jika suatu saat bertemu dengan seseorang yang penting, misalnya penerbit atau agency yang meminta kartu nama kalian. 
Dompet kartu nama juga memudahkan kalian dalam membawanya ke mana-mana. Karena secara umum, bentuk dari dompet warna itu simple dan muat di dalam tas. Jadi kartu nama kalian akan rapi dan tidak tercecer di dalam tas. Jadi, kartu nama kalian akan rapi dan tidak tercecer di dalam tas, hehehe. Sekarang ini banyak model dompet katu nama, warna, dan kualitas yang ditawarkan di pasaran. Menyesuaikan dengan harga juga sih, hehe. Kalian bisa memilih dompet kartu nama sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

4. Cara Memberikan Kartu Nama Pada Seseorang
Poin terakhir lebih mengacu pada etika ketika memberikan kartu nama, atau bisa ketika kita menerima kartu nama dari orang lain. Alangkah baiknya jika kita menggunakan kedua tangan ketika memberika kartu nama atau menerima kartu nama.
Nah, ketika memberikan kartu nama, inilah pentingnya dompet khusus untuk menyimpan kartu nama. Supaya kita bisa langsung cepat menemukan kartu nama kita dan memberikan pada orangnya. Kan gak mungkin harus obrak-obarik seluruh isi tas hanya karena kartu nama nyelip di tas. Itu buang-buang waktu, apalagi jika orang yang kita temui jam terbangnya tinggi.

Nah, itu tadi tips yang bisa saya berikan jika kamu ingin membuat kartu nama. Jangan lupakan poin-poin pentingnya ya. Siapa tahu ketika sedang di toko buku atau di tempat lain kamu bertemu dengan penerbit terkenal dan beliau berencana menerbitkan buku kalian, tentunya kartu nama dibutuhkan dong, hehe. Supaya mereka tahu jika kalian penulis professional. Semoga artikel ini bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Kartu Nama Bagi Seorang Penulis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.