4 Tips Memenangkan Event Menulis



Satraindonesia - Memenangkan event menulis adalah salah satu hal yang membanggakan, apalagi untuk para penulis pemula. Dengan memiliki gelar juara satu atau setidaknya masuk ke dalam jajaran pemenang dalam sebuah event, akan menambah rasa percaya diri dan membuat kita jadi jauh lebih semangat untuk menulis lebih banyak lagi.



Hanya saja, untuk memenangkan gelar event kita harus bersaing dengan banyak sekali peserta dan harus memutar otak untuk mencari cara supaya karya kita bisa menjadi juara. Yuk cari tahu bagaimana cara untuk memenangkan event menulis!
1.  Perhatikan tema. Ini adalah hal pertama dan sangat penting dalam mengikuti event menulis baik itu tingkat penerbit indie ataupun penerbit mayor. Selalu patuhi tema, jangan ngeyel dan berharap bisa menang, jangankan untuk menang, bahkan untuk lolos seleksi tahap pertama saja tak akan bisa.

2. Tulis sesuai ketentuan. Baca baik-baik ketentuan dari event tersebut, misalnya diwajibkan menulis dengan menggunakan MS Word 2010 dengan spasi ganda, minimal 27 ribu kata dan lain sebagainya. Jangan pernah meminta keringanan hanya karena kita tak tahu (atau malas) mengubah aplikasi Word jadi 2010 dan lain sebagainya. Kita bisa bertanya pada orang lain yang lebih ahli, atau bisa googling.

3. Cari ide yang lain daripada yang lain. Jangan terpaku dengan cerita yang picisan dan klise, misalnya kita akan ikuti event menulis dengan tema cinta segitiga, maka hindari percintaan segitiga antara dua sahabat dan satu cowok, atau adik kakak yang jatuh cinta pada satu pria atau sebaliknya. Gali semua kemungkinan cerita yang bisa terjadi di lingkungan kita, dapatkan ide yang segar!
4. Menulis dengan serius. Patuhi deadline, buatlah acuan deadline sendiri dan patuhi. Mulailah menulis di tempat yang tenang, bangun mood dengan baik dan mulai menulis dengan hati yang riang.

Itulah beberapa cara untuk memenangkan sebuah kontes menulis, selain itu perbanyak membaca tulisan para juara supaya dapat referensi. Tapi ingat, tak boleh lakukan plagiasi alias peniruan alias copy paste lho ya! Percaya akan kemampuan diri sendiri. Semoga beruntung!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Memenangkan Event Menulis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.